Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas Xi IPS 1 Di Man 01 Kepahiang

Andesta, Riris (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas Xi IPS 1 Di Man 01 Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DALAM UPAYA ME.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqh yang tergolong rendah. Penelitian ini merupakan sebuah upaya untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 di MAN 01 Kepahiang. Peneliti menggunakan pendekatan inkuiri dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 di MAN 01 Kepahiang yang berjumlah 16 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam pelaksanaan penelitian ini, peneliti melakukan 3 kegiatan yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Simpulan penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai presentase nilai siswa mulai dari pra siklus sampai siklus II, yaitu: pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa atau sebesar 62,5%. Memasuki siklus I siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau 81,25% yang menunjukan adanya peningkatan dari pra siklus. Kemudian pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 93,75% yang menunjukan adanya peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa dari siklus I. Jadi, hasil akhir dapat diperoleh bahwa persentase ketuntasan siswa dalam penelitian ini adalah: pra siklus 62,5%, siklus I 81,25%, dan siklus II 93,75%. Penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatan hasil belajar siswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Andesta, RirisUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerKusen, KusenUNSPECIFIED
ReviewerSyahindra, Wandiwandi.syahindra@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Model TAI (Team Assisted Individualization); Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Okky Rizkyantha
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:16
Last Modified: 15 Nov 2019 23:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item