Model Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pai Di Mts Kabupaten Kepahiang

Handayani, Putri and Sutarto, Sutarto and Rini, Rini (2022) Model Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pai Di Mts Kabupaten Kepahiang. Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Putri Handayani 1 (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan, dalam hal itu pemerintah sudah berusaha memperbaiki kurikulum, peningkatan kualitas Guru, memberikan sarana dan prasarana, menyejahterakan Guru, melakukan pengawasan. Tujuannya agar dilihat kinerja yang lebih baik dan mampu menciptakan pendidikan bermutu. Oleh karna itu guru harus menjalankan tanggung jawab sebagai seorang Pendidik dan oleh karna itu untu membuat tenaga Pendidik yang berkopeten dalam bidangnya di lakukan pengawasan dalam bentuk pembinaan profesional yang dilakukan secara kontinu. Penelitian ini mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Tim Supervisi Kemenag untuk meningkatakan kopetensis pedagogic Guru MTS 02 Kepahiang (2) Faktor Penghambat Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Tim Supervisi Kemenag (pengawas), bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik yang dilaksanakan pengawas dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajar dan meningkatkan kemampuan pedagogik Guru PAI di MTS 02 Kepahiang. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk memperoleh data dan mendeskripsikan secara mendalam mengenai Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Tim Supervisi Kemenag untuk meningkatakan kopetensis pedagogic Guru MTS 02 Kepahiang. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah Tim Pengawas Kemenag, kepala MTS 02 Kepahiang dan Guru di MTS 02 Kepahiang. Untuk memperoleh data yang lengkap penulis menggunakan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan tringulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pelaksanaan supervisi akademik oleh Tim Pengawas dari Kemenag sudah baik karena terlaksana dengan lancar dan memberi perubahan yang lebih baik kepada para Guru MTS 02 Kepahiang, adapun pelaksaan kegiatan pengawasan mulai dari: kunjungan kelas, observasi kelas ,percakapan pribadi, rapat Guru, studi kelompok antar Guru hingga cactatan evaluasi setiap Guru, supervisi akademik memberikan untuk memperbaiki situasi belajar mengajar yang lebih baik sukses atau tidaknya sebagian besar tergantung pada Tim Pengwas Supervisi, kepala sekolah, Untuk membimbing dan membantu Guru-guru di sekolah agar Guru-guru mampu melaksanakan tugas secara profesional. Kata Kunci: Model Supervisi; Kopetensi Pegagogik Guru Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Handayani, PutriUNSPECIFIED
Sutarto, SutartoUNSPECIFIED
Rini, RiniUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:36
Last Modified: 21 Feb 2023 08:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2470

Actions (login required)

View Item View Item