Pemanfaatan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk It Khoiru Ummah Curup

Adelia, Putri and Warsah, Idi and Daheri, Mirzon (2022) Pemanfaatan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk It Khoiru Ummah Curup. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Putri Adelia.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dengan perkembangan teknologi diindonesia maka kebiasaan peserta didik ini adalah menonton, maka seorang pendidik harus memperhatikan kebiasaan peserta didik untuk menjadi bahan pertimbangan dalam memilih media pembelajaran. Dilihat dari proses pembelajaran maka ditemukan ada beberapa maslah yaitu, kurang variatifnya pembelajaran sehingga membuat peserta didik bosan dalam pembelajaran, selanjutnya peserta didik tidak tertarik dalam pembelajaran sehingga peserta didik tidak memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Smk It Khoiru Ummah Curup. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Dalam Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik kelas XI dengan mengambil 7 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data itu menggunakan reduksi data, penyajian, kesimpulan, verifikasi, kemudian uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menjelaskan pemanfaatan media pembelajaran video tutorial dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan hasil belarnya. Guru Penddikan Agama Islam di SMK IT Khoiru Ummah Curup menggunakan video tutorial sebagai media pembelajaran, media pembelajaran video tutorial ini diterapkan melalui empat tahapan yaitu: 1. Persiapan, 2. Penyajian, 3. Evaluasi dan 4. Tindak Lanjut. Pemanfaatan media pembelajaran video tutorial ini sangat efektif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran karena dengan media ini siswa dapat meningkatkan hasil belajar yang terlihat dari nilai penilaian akhir semester (PAS) bahwa nilai peserta didik itu diatas nilai KKM yang sudah ditentukan. Hasil evaluasi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial ini dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran peserta didik, peserta didik menjadi aktif dalam proses pembelajaran dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi pelajaran sehingga peserta didik dapat menjelaskan kembali materi yang sudah dijelaskan. Kata kunci : Pemanfaatan Media Pembelajaran,Video Tutorial, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Adelia, PutriUNSPECIFIED
Warsah, IdiUNSPECIFIED
Daheri, MirzonUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:35
Last Modified: 21 Feb 2023 08:35
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2462

Actions (login required)

View Item View Item