Perilaku Bullying Siswa Dan Upaya Guru Pai Dalam Mengatasinya (Studi Kasus Smp N 01 Topos)

Ulfa, Ardila (2018) Perilaku Bullying Siswa Dan Upaya Guru Pai Dalam Mengatasinya (Studi Kasus Smp N 01 Topos). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PERILAKU BULLYING SISWA DAN UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASINYA (STUDI KASUS SMP N 01 TOPOS).pdf

Download (2MB)

Abstract

Perilaku bullying dari waktu ke waktu terus menghantui anak-anak Indonesia. Kasus bullying yang sering dijumpai adalah kasus senioritas atau adanya intimidasi siswa yang lebih senior terhadap adik kelasnya baik secara fisik maupun non-fisik. Penelitian ini bertujuan ialah 1) Mendeskripsikan perilaku bullying di SMPN 01 Topos,2)Mengetahui apa penyebab terjadinya bullying di SMPN 01 Topos. 3)Mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi bullying oleh siswa disekolah. Dalam penelitian ini, peneliti mengunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengunakan pendekatan Deskriptif kuantitatif. Populasi berjumlah 266, penulis menentukan besarnya sampel 10.15% yakni 80 siswa. Instrument yang digunakan ialah observasi, angket dan dokumentasi. Pengolahan data meliputi Seleksi data, Menghitung frekuensi dan persentase data dan Tabulasi. Teknik analisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Persentase skala siswa yang menggunakan buliying verbal yakni Pada item Pernah berbicara Kasar Kepada Teman dengan kategori selalu menggunakan ialah 11 orang (13,75%) dan sering 16 orang (20%). Pada siswa yang menggunakan buliying Fisik yakni dengan Saya pernah menendang teman saya 17 orang (21,25%) dan sering 17 orang (21,25%) pada item Pernah Menuduh teman mencuri buku saya yang selalu menggunakannya sebanyak 14 orang (17, 5%), dan sering 20 orang (50%). siswa yang menggunakan buliying cyber yakni dengan item Saya pernah memfitnah teman saya lewat media socmed (FB,BBM,WA dll) yang selalu menggunakannya sebanyak 20 orang (25,5%). Dari beberapa jenis bullying yang ada maka yang lebih dominan yang siswa gunakan ialah bullying Cyber yakni dengan menggunakan facebook dan media sosial lainnya. 2) Adapun yang menyebabkan bullying pada item Saya tidak senang ketia melihat teman saya senang 19 orang (23,75%) dan sering 17 orang (21,25%),faktor penyebab Rasa Kurang Percaya Diri dan Mencari Perhatian pada item Kurang Percaya diri ada 18 siswa (22,5%), Sering dengan 15 siswa (18,75%). dari temuan tersebut maka fakor yang lebih dominan ialah faktor rasa percaya diri dan mencari perhatian orang lain. 3)Adapun faktor Upaya yang lebih dominan ialah Pada item Saya diingatkan mengenai akibat dari perbuatan Bullying yang saya lakukan, dengan kategori selalu sebanyak 34 siswa (92,5%), Sering dengan 7 siswa (8,75%)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ulfa, ArdilaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerAzwar, BeniUNSPECIFIED
ReviewerRistianti, Dina HajjaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru; Perilaku Bullying
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:16
Last Modified: 25 Oct 2019 04:16
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item View Item