Pengaruh Metode Quick On The Draw terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Kelas VIII I SMPN 02 Rejang Lebong

Fandini, Riska Dwi and Azwar, Beni and Putri, Dini Palupi (2020) Pengaruh Metode Quick On The Draw terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Kelas VIII I SMPN 02 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi dwi fandini.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Kemandirian belajar siswa merupakan salah satu hal yang penting dalam proses pembelajaran. Sedangkan tingkat kemandirian belajar siswa terhadap mata pelajaran pendidikan agama islam masih tergolong rendah. Rendahnya kemandirian belajar siswa dapat dilihat dari beberapa gejala diantaranya yaitu, bahwa masih ditemukan sebagian siswa yang hanya menunggu intruksi dari guru. Hal ini terlihat pada saat guru mengajukan pertanyaan kepada siswa, sebagian siswa hanya diam dan menunggu hasil jawaban, sebagian siswa lagi menjawab dengan seadanya saja tanpa berpikir atau mencoba mencari jawabannya terlebih dahulu. Kemudian pada saat mengerjakan latihan, sebagian besar siswa enggan memikirkan jawaban dari soal tersebut dan hanya menduplikasi (menyontek) jawaban temannya. Guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan menarik untuk dapat memacu semngat dan kreatifitas belajar siswa. Ada banyaknya metode pembelajaran yang dapat digunakan guru agar dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa yaitu salah satunya dengan menggunakan metode Quick On The Draw. Penelitian ini adalah penelitan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitan ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Rejang Lebong, dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII I diambil menggunakan teknik Simpel Random Sampling. Intrumen penelitian yang digunakan ialah menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan pemberian angket tentang metode pembelajaran yang dipakai yang diberikan oleh peneliti. Dalam perhitungan pengujian hipotesis peneliti menggunakan rumus Produck Moment. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis dan diolah maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Quick On The Draw hasilnya dikatagorikan sangat baik hal ini dapat dilihat dari persentase yang diterima berjumlah 70% dari rata-rata nilai ideal yang diterima. Dari hasil penelitan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa kemandirian belajar siswa kelas VIII I di SMPN 2 Rejang Lebong dapat dikategorikan sangat baik, hal ini dapat dilihat dari persentase penelitian tingkat kemandirian belahajar yang berjumlah 65% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. dimana pembelajaran menggunakan metode Quick On The Draw pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar siswa di kelas VIII I SMPN 2 Rejang Lebong dikatogorikan tinggi dengan nilai 0,775 dari hasil perhitungan rtabel pada taraf kesalahan 5% = 0,344 dan 1% = 442. Jadi rxy atau r0 (yang sebesar 0,775) adalah jauh lebih besar dari pada rtabel (yang sebesar 0,344 dan 0,442). Jadi penggunaan metode Quick On The Draw pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) memiliki pengaruh terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII I SMPN 2 Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Fandini, Riska DwiUNSPECIFIED
Azwar, BeniUNSPECIFIED
Putri, Dini PalupiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Quick On The Draw, Kemandirian belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:34
Last Modified: 21 Feb 2023 08:34
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2432

Actions (login required)

View Item View Item