Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Yang Terkandung Dalam Al-Qur’an Surat Al-Furqan Ayat 67-68 Dan Relevansinya Dalam Materi Pendidikan Islam

Edo, Figa Nurul janna (2018) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Yang Terkandung Dalam Al-Qur’an Surat Al-Furqan Ayat 67-68 Dan Relevansinya Dalam Materi Pendidikan Islam. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK YANG TERKANDUNG DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-FURQAN AYAT 67-68 DAN RELEVANSINYA DALAM MATERI PE~1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini dilandasi adanya merosotnya Akhlak di kalangan manusia terutama anak-anak dan remaja kemerosotan akhlak pada dasarnya di sebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah kurangnya penanaman nilai-nilai akhlak kepada anak baik dari orang tua, guru maupun masyarakat. Dengan demikian untuk mengurangi bahkan mencegah kemerosotan akhlak maka sebagai manusia menyadari pentingnya kedudukan dan fungsi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dan terus disosialisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya merupakan suatu hal yang wajib sebagai bentuk rasa kepedulian bersama antar sesama umat Islam terutama diajarkan melalui lembaga-lembaga pendidikan. Bermula dari keadaan inilah penulis tertarik untuk mengkaji secara lebih mendalam nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam Qs.Al-Furqan ayat 67-68 dan relevansinya dalam materi pendidikan Islam, berharap tercapainya tujuan-tujuan yang ada yakni: 1) untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Qs.Al-Furqan ayat 67-68, 2) untuk mengetahui relevansinya dalam materi pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) sumber data primernya yakni kajian tafsir M.Quraish Shihab dan Ibnu Katsier, sedangkan sumber data sekundernya buku-buku yang relevan seperti shahih bukhari muslim, buku akhlak, dan buku pendidikan Islam serta sumber penunjang lainnya seperti jurnal-jurnal dan artikel tertentu. Menggunakan pendekatan atau metode tafsir tahlili agar lebih mudah di pahami, dengan menganalisa data melalui metode Dedukktif, Induktif dan Komparasi. Simpulan penelitian ini yakni :1). Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam Qs. Al-Furqan ayat 67-68 seperti: larangan hidup boros (berlebih lebihan dalam mengeluarkan harta), larangan hidup kikir ( tidak mau mengeluarkan harta yang semestinya di keluarkan), perintah hidup moderat atau sederhana ( berada di pertengahan antara keduanya tidak boros dan tidak juga kikir), larangan syirik (menyekutukan Allah dengan sesuatu yang lain), larangan membunuh jiwa yang di haramkan kecuali yang haq, serta larangan berzina ( melakukan persetubuan antara lakilaki dan perempuan yang bukan muhrim). 2). Relevansinya nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam Qs. Al-Furqan ayat 67-68 masih diajarkan dalam materi pendidikan Islam di lembaga pendidikan formal yakni di SMP dan SMA dengan menggunakan konteks ayat yang berbeda dalam menguatkan materi tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Edo, Figa Nurul jannaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerWarsah, IdiUNSPECIFIED
ReviewerSiswanto, SiswantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Akhlak; Qs. Al Furqan; Materi Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2019 04:16
Last Modified: 25 Oct 2019 04:16
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item View Item