Strategi Pembelajaran Guru Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Pandemi di Madrsah Aliyah-Almuhajirin Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musirawas

Attin, Muharmi and Komalasari, Bakti and Arsil, Arsil (2022) Strategi Pembelajaran Guru Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Pandemi di Madrsah Aliyah-Almuhajirin Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musirawas. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Muharmi Attin (2).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mulai dari fenomena pembelajaran online yang berlangsung selama pandemi di MA Al-Muhajirin kemudian beralih dengan pembelajaran tatap muka karena kondisi yang sudah memungkinkan. Maka perlunya strategi pembelajaran yang sesuai guna meningkatkan motivasi belajar siswa karena peralihan pembelajaran online ke pembelajaran tatap muka. Tujuan penelitian ini yang pertama, untuk mengetahui strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dalam meningkatkan motivasi agar siswa aktif belajar pasca pandemi. Yang kedua untuk strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dalam meningkatkan motivasi agar siswa aktif membuat tugas pasca pandemi pada siswa kelas siswa kelas X dan XI di MA Al-Muhajirin Tugumulyo. Peneliti ini merupakan peneliti lapangang (field research) yang bersifat deksriptif kualitatif. Subyek penelitian ini yakni Guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan siswa kelas X dan XI. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis datanya mengunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, kemudian uji kredibilitas data menggunakan tringulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian menjelaskan yang pertama dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) guru mata pelajaran menggunakan Strategi Diskusi, Strategi Interaktif, dan strategi pembelajaran tim kuis (team quiz) Berhadiah. Dengan strategi tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar baik aktif belajar. Siswa semakin antusias, siswa terlihat aktif dan bersemangat mengikuti proses belajar apalagi ditambah dengan hadiah dan pujian yang diberikan guru kepada siswa/kelompok. kedua tentang strategi guru SKI meningkatkan siswa aktif membuat tugas pasca pandemi, strategi yang digunakan strategi diskusi dan strategi interaktif dan dalam prosesnya didukung dengan pemberian semangat dan motivasi belajar, pujian, serta hadiah dengan tujuan agar siswa selalu aktif dan bersemangat di setiap pertemuan serta untuk menghindari kejenuhan, bosan, dan mengantuk saat belajar. Kata Kunci: strategi, motivasi belajar, pasca pandemi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Attin, MuharmiUNSPECIFIED
Komalasari, BaktiUNSPECIFIED
Arsil, ArsilUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:34
Last Modified: 21 Feb 2023 08:34
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2429

Actions (login required)

View Item View Item