Pengaruh Pemahaman dan Minat Guru Sdit Khoiru Ummah Terhadap Penggunaan Produk Tabungan Haji

Irama, Peza and Hendrianto, Hendrianto and Arifin, Rahman (2022) Pengaruh Pemahaman dan Minat Guru Sdit Khoiru Ummah Terhadap Penggunaan Produk Tabungan Haji. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Peza Irama.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bank syariah adalah bank yang menjalankan segala sesuatunya dengan menggunkan prinsip syariah atau prinsip hukum Islam yang diatur dalam fatwa majelis ulama Indonesia seperti prinsip keadilan dan keseimbangan (adl tawazun), kemaslahatan (maslahah), serta tidak mengandung yang namanya gharar, maysir, riba dan haram. Masalah yang sering dihadapi lembaga keuangan syariah adalah bagaimana perusahaan menarik nasabah agar perusahaan dapat bertahan dan berkembang. Dengan berbagai produk yang di jalankan oleh bank syariah salah satunya adalah produk tabungan haji, seperti yang diketahui bahwa ibadah haji dengan ekonomi itu saling berkaitan, dengan kemampuan keuangan masyarakat yang mau menunaikan ibadah haji dengan biaya yang tidak sedikit tentunya untuk menunaikan kewajiban mereka. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif, karena menggunakan perhitungan statistik dengan menyebarkan kuesioner dengan skala pengukuran likert. Adapun tempat penelitian ini adalah di SDIT Khoirul Ummah RejangLlebong, dengan jumlah sample 45 orang. Data ini di uji menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0. menggunakan alat uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis refgresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f), dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. hasil uji parsial(uji t) menyatakan nilai pemahaman thitung > ttabel (2,074 >2,018) artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemahaman dengan produk tabungan haji. 2. Minat berpengaruh dan siginifikan terhadap produk tabungan haji berdasarkan hasil yang diperoleh nilai thitung >ttabel atau (5,300 >2,018). 3. Hasil penelitian secara simultan (uji f) mempunyai nilai fhitung>ftabel yaitu (35,954 > 3,27) dengan sig. (0,000 < 0,05), artinya bahwa pemahaman dan minat secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap produk tabungan haji. 4. Pada uji determinasi besarnya koefisien atau determinasi R2 adalah 0,614%, yang berarti variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. dan 38,6% dari variabel luar. Kata kunci : Pemahaman, Minat, Produk tabungan haji

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Irama, PezaUNSPECIFIED
Hendrianto, HendriantoUNSPECIFIED
Arifin, RahmanUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:33
Last Modified: 21 Feb 2023 08:33
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2425

Actions (login required)

View Item View Item