Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa Sekolah Kreatif SMP Aisyiyah Pasca Pandemi

Tunsa, Patima and Rizal, Syamsul and Fadila, Fadila (2022) Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa Sekolah Kreatif SMP Aisyiyah Pasca Pandemi. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Patima Tunsa.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kesiapan belajar merupakan sesuatu yang harus disiapkan oleh siswa ataupun guru ketika akan memasuki sekolah secara tatap muka atau secara langsung baik itu dari kesiapan fisik ataupun kesiapan psikis dari siswa. Guru bimbingan konseling mempunyai tugas untuk membimbing siswa dalam menyiapkan ataupun meningkatkan kesiapan belajar siswa tersebut, dalam hal ini guru bimbingan konseling juga dipantau atau diperhatikan oleh wakil kepala sekolah agar bisa membimbing dengan baik. Pada Sekolah Kreatif SMP Aisyiyah kesiapan belajar siswa pasca pandemi itu mengalami penurunan dimana masih ada siswa yang belum siap fisik ataupun psikisnya untuk menghadapi sekolah tatap muka. Seperti masih ada siswa yang sering datang terlambat, masih ada siswa yang mengantuk ketika belajar dikelas serta masih ada siswa yang tidang semangat untuk belajar. Metode ini menggunakan metode kualitatif, yang subjek penelitiannya adalah siswa, guru bimbingan konseling, wali kelas, dan wakil kepala sekolah, penelitian ini dilaksanakan di Sekolah keratif SMP Aisyiyah pada tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan langsung kelapangan. Adapun teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta teknik uji keabsahan dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan triangulasi. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kesiapan belajar siswa pasca pandemi yang ada di sekolah Kreatif SMP Aisyiyah tidak bagus. Upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kesiapan belajar siswa Sekolah Kreatif SMP Aisyiyah pasca pandemi yaitu dengan melakukan, melaksanakan atau memberikan layanan. Pemberian layanan seperti layanan informasi tentang kesiapan belajar, kemudian memberikan materi tentang bagaimana menyiapkan keadaan fisik dan psikis saat akan mengikuti proses pembelajaran, seperti kondisi fisik yang harus sehat dan psikis seperti mental yang harus siap saat akan belajar, upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling ini juga diperhatikan oleh wali kelas dan wakil kepala sekolah sehingga wali kelas dan wakil kepala sekolah juga bisa melihat peningkatan yang baik dari kesiapan belajar siswa setelah dilakukan upaya oleh guru bimbingan tersebut. Kata Kunci : kesiapan belajar, pasca pandemi, upaya guru bimbingan konseling

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Tunsa, PatimaUNSPECIFIED
Rizal, SyamsulUNSPECIFIED
Fadila, FadilaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:33
Last Modified: 21 Feb 2023 08:33
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2415

Actions (login required)

View Item View Item