Pendidikan Tauhid Menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah

Putri, Oktia Anisa and Warsah, Idi and Karolina, Asri (2022) Pendidikan Tauhid Menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Oktia Anisa Putri.pdf

Download (10MB)

Abstract

Salah satu usaha untuk menanamkan keimanan pada anak adalah dengan memberikan pendidikan tauhid kepada mereka, baik pada pendidikan formal, nonformal, maupun informal. Pada pendidikan formal salah satu mata pelajaran yang berkaitan yakni akidah akhlak. Salah satu sumber buku yang dapat digunakan sebagai rujukan yakni buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam karya dari Abdullah Nashih ‘Ulwan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pendidikan tauhid menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan dalam buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam dan untuk mengetahui relevansi pendidikan tauhid menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan dalam buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam dengan materi akidah akhlak di Madrasah Aliyah. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif yang dalam analisis datanya menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam karya Abdullah Nashih ‘Ulwan yang diterjemahkan oleh Arif Rahman Hakim, Pendidikan Anak dalam Islam, Jawa Tengah: Insan Kamil Solo, 2012 dan sumber data sekunder dari beberapa literatur, artikel, jurnal, serta situs di internet yang berkenaan dengan penelitian yang dilakukan. Adapun teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah metode analisis pendahuluan (preliminary analysis) yang dapat dilakukan terhadap buku-buku teks, baik yang bersifat teoritis maupun empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama pendidikan tauhid menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan dalam buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam di antaranya berlandaskan pada wasiat Rasulullah dan petunjuknya menuntun anak memahami dasar-dasar iman, rukun-rukun Islam, dan hukum-hukum syariat. Kedua, relevansi antara pendidikan tauhid menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan dalam buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam dengan materi akidah akhlak di Madrasah Aliyah kelas sepuluh sudah sesuai dan sejalan, hal ini dapat dilihat dari sebelas bab materi pembelajaran yang terdapat dalam buku paket siswa, ada empat materi diantaranya memiliki hubungan dan relevansi dengan pasal tanggung jawab pendidikan iman dalam buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Kata Kunci: Pendidikan Tauhid, Tarbiyatul Aulad Fil Islam dan Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Putri, Oktia AnisaUNSPECIFIED
Warsah, IdiUNSPECIFIED
Karolina, AsriUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:33
Last Modified: 21 Feb 2023 08:33
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2410

Actions (login required)

View Item View Item