Problematika Guru PAI dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Rejang Lebong

Christyan, Nicko Ade and Azwar, Beni and Putra, Muksal Mina (2020) Problematika Guru PAI dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi nicko ade chirstyan.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang diterapkan sejak tahun 2013, namun keberadaannya masih menimbulkan permasalahan. Permasalahan terkait ketidaksiapan sekolah dalam menerapkan kurikulum ini tidak bisa dihindari lagi. Pendistribusian buku ajar masih tidak merata, sehingga tidak heran masih banyak sekolah yang belum memiliki buku kurikulum 2013 ini. Kurangnya pengetahuan guru dan pihak sekolah tentang kurikulum 2013, menjadikan tidak optimalnya penerapan kurikulum 2013. Tidak hanya itu, ketidaksiapan sekolah dalam penyediaan media pembelajaran juga menjadi permasalahan dalam menerapkan kurikulum ini. Problematika dalam penerapan kurikulum 2013 juga dirasakan oleh guru PAI di SMA Negeri 4 Rejang Lebong. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa saja Problematika guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menerapkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Rejang Lebong?, (2) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi problem-problem di SMA Negeri 4 Rejang Lebong?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) observasi, (2) interview/wawancara, (3) dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan tiga tahap analisis yaitu reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan pengecekan kembali data-data yang telah diperoleh dengan mengkroscek data yang telah didapat dari hasil interview dengan mengamati serta melihat langsung dokumen yang ada. Problematika yang dihadapi oleh guru PAI di SMA Negeri 4 Rejang Lebong adalah problem yag berhubungan dengan anak didik yaitu, perbedaan kemampuan anak didik, anak lebih menyukai metode ceramah daripada diskusi, kurangnya motivasi anak didik. Problem yang berhubungan dengan alat pendidikan yaitu masih kurangnya penyediaan buku ajar, fasilitas LCD ada yang rusak dilokal, sound system dan speaker daya gunanya masih kurang, maksimalnya jumlah anak didik dalam tiap kelas. problem yang berhubungan dengan lingkungan seperti kurangnya partisipasi keluarga berakibat anak sering membuat gaduh. Problem yang berhubungan dengan standar proses yaitu guru kesulitan menyusun RPP, dan minimnya pengetahuan tentang pemanfaatan media pembelajaran. Problem yang berhubungan dengan standar penilaian yaitu guru kesulitan menilai pada kompetensi sikap. Upaya yang dilakukan antara lain, siswa aktif merangkum materi, mengkomunikasikan kepada pihak sekolah tentang fasilitas media pembelajaran, menggunakan media pembelajaran berupa gambar, kerjasama dengan guru BK, guru melakukan sosialisasi, diklat kurikulum 2013, MGMP, dll.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Christyan, Nicko AdeUNSPECIFIED
Azwar, BeniUNSPECIFIED
Putra, Muksal MinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika, guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:33
Last Modified: 21 Feb 2023 08:33
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2408

Actions (login required)

View Item View Item