Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di Sekolah Agama dan Sekolah Umum

Yuliza, Novita and Kurniawan, Kurniawan and Siswanto, Siswanto (2020) Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di Sekolah Agama dan Sekolah Umum. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
surat novita yuliza.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini ialah 1) Penanaman nilai-nilai Agama Islam di SMAN 2 Rejang Lebong. 2) Penanaman nilai-nilai Agama Islam di MAN Rejang Lebong 3) Perbedaan dan persamaan penanaman nilai-nilai Agama Islam di MAN Rejang Lebong dan di SMAN 2 Rejang Lebong Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) Penelitian ini berbentuk kualitatif. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini ialah sebanyak 2 orang guru PAI, guru akidah akhlak, al-qur’an hadis dan fiqih. Teknik pengumpulan data: Observasi (Pengamatan) dan Wawancara dan Dokumentasi. Dalam analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa 1) Penanaman nilai-nilai Agama Islam di SMAN 2 Rejang Lebong . Nilai Aqidah di dalam proses pembelajaran: Guru mengajarkan materi yang tercantum di RPP dan silabus. Di luar proses pembelajaran membiasakan mengucapkan salam/solawat dan menjaga kebersihan. Nilai Ibadah di dalam proses Pembelajaran mengajarkan materi sesuai SK/KD tentang shalat dan ibadah lainnya. Di luar proses pembelajaran: melaksanakan shalat berjamaah. Untuk Nilai Akhlak dalam Proses belajar mengajar mengajarkan norma dan sopan santun sesuai dengan RPP dan Silabus. Dan di luar proses pembelajaran menganjurkan siswa untuk menjaga sopan santun. Guru menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, pengawasan, hukuman, motivasi, hadiah, dan mendidik dengan kasus. 2) Penanaman nilai-nilai Agama Islam di MAN Rejang Lebong Nilai Aqidah dalam proses pembelajaran mengajarkan keyakinan materi. Di luar proses belajar mengajar menganjurkan melaksanakan perintah Allah. Untuk nilai Ibadah di dalam proses belajar mengajar guru mengajarkan materi shalat dan mendemonstrasikannya di depan kelas. Di luar proses belajar mengajar : mengamalkan shalat berjamahan. Pada Nilai Akhlak di dalam proses belajar mengajar akhlak yang baik dan terpuji baik akhlak kepada Allah, rasul orang tua maupun terhadap lingkungan. Di luar proses pembelajaran Siswa harus berkata sopan dan berakhlak terpuji. Sedangkan Metode Penanaman Nilai Agama Islam menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, pengawasan, hukuman, motivasi, hadiah, dan mendidik dengan kasus dan hiwar. 3) Perbedaan dan persamaan penanaman nilai-nilai Agama Islam di MAN Rejang Lebong dan di SMAN 2 Rejang Lebong ialah terdapat ada letak perbedaan pada penerapannya dan persamaannya ialah semua guru di kedua sekolah tersebut menerapkan semua materi dan metode dalam menanamkan nilai agama Islam pada siswanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yuliza, NovitaUNSPECIFIED
Kurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
Siswanto, SiswantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Agama dan Sekolah Umum
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:33
Last Modified: 21 Feb 2023 08:33
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2407

Actions (login required)

View Item View Item