Nurilawati, Nurilawati and Sugiatno, Sugiatno and Cikdin, Cikdin (2020) Setrategi Guru dalam Mengatasi Siswa Tidak Aktif dengan Menggunakan Model Jigsaw dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 1 Semende Darat Laut (SDL) Kabupaten Muara Enim. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
SKRIPSI NURILAWATI.pdf - Accepted Version Download (4MB) |
Abstract
Salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan dan Proses belajar mengajar sangat tergantung pada model pembelajaran yang sesuai untuk setiap kegiatan belajar mengajar sehingga tercapai tujuan dari pembelajaran. Menurut Dahlan “model yang dipilih haruslah yang relavan dan mendukung tercapainya tujuan pembelajaran”. Mengajar merupakan salah satu dari tugas dan tanggung jawab guru, setiap guru harus menguasai dan terampil dalam melaksanakan proses belajar mengajar, dan bagaimana seorang guru menciptakan suasana yang menyenangkan di kelas karena itu semua sangat berpengaruh pada reaksi yang ditampil dalam kegiatan pembelajaran Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif, bertujuan mengetahui setrategi guru dalam mengatasi siswa tidak aktif dengan menggunakan model jigsaw dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMK N1 Semende Darat Laut (SDL) kabupaten muara enim.Dalam mengumpulkan data penulis melakukan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan subjek dalam penelitian adalah, guru Pendidikan agama Islam dan siswa kelas XI Aribisnis Tanaman Perkebunan (ATP). Hasil penelitian ini menunjukkan Setrategi Guru Dalam Mengatasi Siswa Tidak Aktif Dengan Menggunakan Model Jigsaw Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk N 1 Semende Darat Laut (Sdl) Kabupaten Muara Enim. guru dalam mengatasi siswa tidak aktif di SMK N I Semende Darat Laut. adalah dimana guru PAI dalam mengatasi siswa tidak aktif bapak Ahmad yahdiyani menggunakan model pembelajaran jigsaw supaya anak tersebut lebih semngat dalam belajar dan tidak mengantuk dan membosankan seperti yang dipelajari bahwasanya yang dapat digunakan oleh guru mata pelajaran pendidikan agama islam yaitu pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasi materi secara optimal maka siswa tersebut keaktifannya dalam belajarnya meningkat. Dan hambatan dalam penerapan model jigsaw ini adalah (1) terbatasnya waktu dalam penerapan model jigsaw (2) kurangnya percaya diri siswa dalam belajar (3) kurangnya penguasaan materi dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | strategi guru dalam mengatasi siswa tidak aktif dengan menggunakan model jigsaw | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs maisonah | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:32 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:32 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2397 |
Actions (login required)
View Item |