Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di SD N 77 Rejang Lebong

Endras Wari, Veny and Susilawati, Susilawati and Rahmat, Jamaluddin (2022) Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di SD N 77 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
SKRIPSI VENY ENDRAS WARI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan karakter harus dilaksanakan secara integral dan holistik. Pendidikan karakter harus didukung oleh semua komponen masyarakat dan dilakukan disemua level dan ruang kehidupan. Karena menciptakan karakter yang mulia perlu adanya sejumlah usaha untuk mencapainya, setidaknya ada bimbingan yang terus-menerus yang dimotori oleh pihak sekolah. Pengembangan nilai-nilai karakter di lembaga pendidikan, seorang pendidik tidak hanya terfokus pada kegiatan pembelajaran di kelas, tetapi juga harus mengarahkan kepada peserta didik dalam bentuk implementasi kegiatan keagamaan. SD N 77 Rejang Lebong mempunyai aktivitas yang bertujuan menanamkan nilai karakter dalam siswanya berupa aktivitas pembiasaan keagamaan. Pendidikan karakter berbasis religi dapat dilaksanakan dengan pemberian sanksi- sanksi pada setiap pelanggaran yang berhubungan dengan pendidikan keagamaan.Sanksi-sanksi tidak terlalu diberlakukan disekolah ini sehingga masih terdapat para murid yang memiliki karakter menyimpang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta peran kepala sekolah dan guru dalam implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di SD N 77 Rejang Lebong. Untuk mewujudkan tujuan tersebut. Banyak usaha yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan yaitu dengan adanya kegiatan-kegiatan keagamaan yang diterapkan di sekolah.. Kegiatan keagamaan yang diterapkan disekolah dilakukan setiap harinya guna membentuk karakter peserta didik menjadi lebih baik. Dimana masih terdapat peserta didik yang karakternya kurang baik dengan ditandai kurang disiplinnya, tanggung jawab, cara berpakaian, sikap kurang sopan kepada pendidik, dan tidak melaksanakan sholat berjamaah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif.Lokasi penelitian di SD N 77 Rejang Lebong.Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik dan peserta didik.Analisis data dilakukan dengan memilih dan memilah data yang diperoleh, kemudian dikumpulkan untuk dianalisis dan diambil simpulan. Hasil penelitiannya adalah : (1) Kegiatan keagamaan yang ada pada SD Negeri 77 Rejang Lebong meliputi: 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun), membaca doa pendek, sholat berjamaah dhuha dan dzuhur, dan kegiatan PHBI (Peringati Hari Besar Islam). (2) Peran sekolah dalam mendukung terlaksananya kegiatan keagamaan di Sekolah SD Negeri 77 Rejang Lebong terlihat dari dukungan fasilitas sekolah yang lengkap seperti adanya mushola sebagai tempat melaksanakan shalat berjamaah, serta adanya alat yang digunakan sebagai salah satu guru untuk memimpin doa bersama setiap paginya. (3) Faktor pendukung meliputi guru tidak menjaga jarak dengan siswa, adanya sarana dan prasarana yang menujang pembelajaran serta faktor penghambat meliputi lingkungan diluar sekolah dan kebiasaan kurang baik yang telah melekat pada diri seseorang. Kata kunci :pendidikan karakter, kegiatan keagamaan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Endras Wari, VenyUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Rahmat, JamaluddinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, kegiatan keagamaan
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:53
Last Modified: 09 Feb 2023 03:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2391

Actions (login required)

View Item View Item