Problematika Pembelajaran Tematik Kelas III di SD 12 Rejang Lebong

Putri Wijayanti, Dhea and Susilawati, Susilawati and Rahmat, Jamaluddin (2021) Problematika Pembelajaran Tematik Kelas III di SD 12 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
SKRIPSI DHEA PUTRI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya implementasi Kurikulum 2013 , pada kelas III di SDN 12 Rejang Lebong .Berkaitan dengan hal tesebut, maka pelaksanaan pembelajarannya menggunakan pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik memiliki ciri khas terpadu dari sejumlah muatan pelajaran dengan tujuan agar lebih bermakna bagi siswa.Namun,pembelajaran tematik sebagai program pemerintah masih belum dilaksanakan dengan baik dan maksimal karena dalam penerapannya masih memiliki problem atau masalah.Tujuan dari penelitian ini : Untuk mengetahui problematika pembelajaran tematik kelas III di SD 12 Rejang lebong.Untuk mengetahui sosuli yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi problrmatika pembelajaran . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan menggambarkan permasalahan yang ada sesuai dengan data yang ditemukan di lapangan.Dalam penelitian ini penulis menggambarkan mengenai problematika pembelajaran tematik kelas III di SDN 12 Rejang Lebong. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III, dan siswa di SDN 12 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama problematika pembelajaran tematik kelas III di SDN 12 Rejang Lebong antara lain kesulitan menyusun RPP, kesulitan mengorganisasikan waktu dengan materi pembelajaran, metode pembelajaran tematik monoton dan kurang relevan, media pembelajaran tematik masih minim dan sederhana, motivasi belajar siswa masih rendah, sarana dan prasarana belajar kurang memadai, kesulitan memanfaatkan waktu dalam penilaian.Kedua adapun solusi yang ditempuh untuk mengatasi problematika pembelajaran tematik antara lain sharing atau tukar pendapat dengan teman sesama guru, mengumpulkan materi pelajaran dalam dua pertemuan menjadi satu, mengkombinasikan metode ceramah dengan metode lainnya seperti metode simulasi dan melihat kembali materi yang akan di ajarkan kemudian baru menentukan metode yang akan dipakai, menggunakan media audio visual,mengajak siswa keluar kelas dan mengamati lingkungan sekitar sekolah, memindahkan kegiatan pembelajaran ke lapangan agar memberikan suasana yang berbeda, membuat resume pembelajaran yang akan disampaikan. Kata Kunci : Problematika, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Putri Wijayanti, DheaUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Rahmat, JamaluddinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran Tematik
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:52
Last Modified: 09 Feb 2023 03:52
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2390

Actions (login required)

View Item View Item