Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas VII di SMP Negeri 04 Rejang Lebong

Hasanah, Rahmiatul and Kurniawan, Kurniawan and Yanuarti, Eka (2020) Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas VII di SMP Negeri 04 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi rahmatul hasanah.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kreativitas guru dalam memilih metode atau media yang tepat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas VII di SMP Negeri 04 Rejang Lebong. Guru harus dituntut kreatif dalam pengembangan pembelajaran terhadap ajaran Agama Islam disekolah, pemahaman tersebut diperoleh siswa melalui karya-karya yang di ciptakan guru agar proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa pun mudah memahami materi Pendidikan Agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, apa saja yang menjadi faktor pendorong dan penghambat kreativitas guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas VII di SMP Negeri 04 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriftif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun sumber data pada penelitian ini yaitu guru Pendidikan Agama Islam kelas VII, Kepala Sekolah, dan 10 peserta didik kelas VII di SMP Negeri 04 Rejang Lebong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas VII di SMP Negeri 04 Rejang Lebong adalah penataan suasana kelas, metode yang bervariasi, media audio, visual, dan audio visual, ice breaking, evaluasi. Semuanya itu sangat efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. faktor pendorong kreativitas guru yaitu dilihat dari kompetensi yang dimiliki oleh guru pendidikan agama Islam, adanya tanggung jawab yang dimiliki seorang guru, dan melihat dari kelas yang kondusif. Faktor penghambat kreativitas guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas VII di SMP Negeri 04 Rejang Lebong yaitu sarana prasarana yang dimiliki oleh sekolah masih belum memadai,

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hasanah, RahmiatulUNSPECIFIED
Kurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
Yanuarti, EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, dan Kualitas Pembelajaran Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:31
Last Modified: 21 Feb 2023 08:31
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2386

Actions (login required)

View Item View Item