Sendi, Okni Aisa Mutiara and Sari, Dewi Purnama and Warlizasusi, Jumira (2022) Model Pembelajaran Pai Dalam Mengembangkan Sikap Humanis Siswa di Smp Negeri 2 Rejang Lebong. Masters thesis, IAIN Curup.
Text
okni aisa mutiara sendi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Sikap humanis merupakan sikap, tindakan yang ada dalam diri manusia, mencermintkan tindakan yang baik antar sesama. Tujuan pengembangan sikap humanis untuk membentuk harkat martabat manusia yang lebih baik, apabila sikap humanis tidak dikembangkan maka manusia tidak akan memiliki peraturan hidup bersosialisasi sehingga akan memiliki kesan yang buruk. Di SMP Negeri 2 Rejang Lebong siswa terdiri dari suku, budaya dan agama yang berbeda, perbedaan ini dapat memicu perselisihan dalam kehidupan sosial siswa disekolah seperti berteman dengan kelompok, kurangnya empati dan lain-lain untuk mengantisipasi permasalah tersebut guru PAI di SMP N 2 Rejang Lebong ini mengembangkan sikap humanis dalam pembelajaran PAI. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui Model pembelajaran PAI dalam mengembangkan sikap humanis siswa di SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan case study. Subjek penelitian adalah guru PAI. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Rejang Lebong tahun ajar ganjil/genap. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Adapun strategi analisis data yaitu mengorganisasikan data, mereduksi data, penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap humanis yang dikembangkan dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Rejang Lebong terbagi menjadi lima kelompok pertama menghargai pendapat orang lain mencakup sikap saling menghormati, toleransi, sopan santun, kedua kerjasama mencakup sikap disiplin, ketiga rela berkorban mencakup sikap tanggung jawab, keempat peduli peduli lingkungan, kelima tolong menolong mencakup sikap gotong royong. Materi pembelajaran PAI yang mengembangkan sikap humanis yaitu Al-Qur’an dan Hadist, Akidah Akhlak, Fiqih, dan SKI. Model pembelajaran yang digunakan oleh Guru PAI untuk mengembangkan sikap humanis siswa di SMP Negeri 2 Rejang Lebong yaitu model Cooperative Learning dikembangkan dalam proses pembelajaran kelompok, model problem based learning dikembangkan dalam penugasan berkelompok, model discovery learning (pembelajaran penemuan) dikembangkan dalam penugasan kelompok, model contextual teaching and learning dikembangkan dalam penugasan kelompok, direct Instruction (Pembelajaran Langsung) yang dikembangkan dengan praktek, model tersebut termasuk kedalam kelompok model interaksi sosial.Dalam kegiatan pembelajaran guru menerapkan model pembelajaran yang berbeda pada sikap humanis yang berbeda. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Pembelajaran PAI, Sikap Humanis
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:31 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:31 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2377 |
Actions (login required)
View Item |