Pengaruh Pola Pikir Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp ( Desa Sebrang Musi Kab. Kepahiang)

Hayani, Nyimas and Ifnaldi, Ifnaldi and Septiana, Anisya (2022) Pengaruh Pola Pikir Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp ( Desa Sebrang Musi Kab. Kepahiang). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Nyimas Hayani.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pola pikir adalah cara menilai dan memeberikan kesimpulan terhadap sesuatu berdasarkan sudut pandang tertentu. Perbedaan pola pikir seseorang disebabkan oleh oleh sudut pandang yang dijadikan dasar, landasan, dan alasan.Orang Tua yang memiliki tanggung jawab dalam pendidikan dan prestasi anak karena Orang Tua adalah madrasah pertama bagi anak. Orang Tua yang sangat berpengaruh besar terhadap proses belajar anak dan prestasi belajar yang dapat dicapai, tidak hanya sebagai pendidik sebab dalam pekerjaannya tidak hanya mengajar tetapi juga melatih keterampilan anak terutama melatih sikap mental anak, dalam hal ini Orang Tua harus mampu bertanggu jawab untuk menetukan minat dan bakat anak. Dengan demikian hasil belajar merupakan tingkat perkembangan mental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat sebelum belajar dan sesudah belajar. Orang tua mampu menjadi motivator dalam memdidik anak, dengan adanya perhatian Orang tua yang menjadi salah satu faktor yang dapat mendukung prestasi belajar anak. Jenis penelitian ini bersifat pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yakni suatu penelitian yang dilakukan dengan cara terjun langsung ke lokasi penelitian. Subjek penelitian adalah individu, benda, atau organisme yang dijadikan sumber informasi yang dibutuhkan dalam pengumpulan data penelitian. Dalam penelitian ini alat dan dan pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa tidak adanya pengaruh pola pikir orang tua terhadap hasil belajar siswa, ini yang merupakan informasi yang berarti bagi siswa, orang tua, dan pihak sekolah dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Maka tidak dapat dijadikan salah satu ajuan bahwa tidak ada pengaruh pola pikir orang tua siswa, yang dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan pola pikir orang tua dan hasil belajar siswa dengan diikuti minat belajar yang dilakukan oleh siswa secara baik. Kata kunci: Pola Pikir, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hayani, NyimasUNSPECIFIED
Ifnaldi, IfnaldiUNSPECIFIED
Septiana, AnisyaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:31
Last Modified: 21 Feb 2023 08:31
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2371

Actions (login required)

View Item View Item