Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Bersahabat (Komunikatif) Pada Siswa MTS Muhammadiyah Curup

Fitri, Zera Nur and Asha, Lukman and Sagiman, Sagiman (2019) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Bersahabat (Komunikatif) Pada Siswa MTS Muhammadiyah Curup. Diploma thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER BERSAHABAT (KOMUNIKATIF) PADA SISWA M.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perilaku anak yang ada di sekolah MTs Muhammadiyah Curup terutama keakraban tentang karakter bersahabat (komunikatif), dimana karakter ini terdapat faktor pendukung maupun penghambatnya dalam bertingkah laku. Dalam faktor tersebut ada anak yang memiliki karakter bersahabat (komunikatif) yang baik. Penelitian ini lebih karah mengethui bagaimana peran guru PAI dalam menanamkan karakter bersahabat (komunikatif) pada siswa dengan peran tersebut dapat dilihat apa saja yang menjadi latar belakang terbentuknya kerakter tersebut. Jenis penelitian yang dipilih oleh peneliti yang bersifat deskripsif kualitatif dan subjek penelitian ini adalah MTs Muhammadiyah Curup. Dalam proses penelitian ini diawali dengan observasi untuk mengetahui bagaimana peran selanjutnya dari guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter bersahabat (komunikatif) pada siswa. Selanjutnya, wawancara dan dokumentasi, datadata yang terkumpul di analisa dengan menggunakan naratif atau penjelasanpenjelasan guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah dan siswa-siswinya. Hasil penelitian ini adalah yang pertama Penanamkan karakter bersahabat (komunikatif) kepada siswa dimana sudah cukup baik di MTs Muhammadiyah dilihat dari tingkah laku siswa baik sesama teman, guru, ataupun orang sekitarnya. Kedua peran guru Pendidikan Agama Islam juga membantu perubahan karakter anak dalam bertingkah laku terutama keakraban dan komunikasinya dalam bergaul. Ketiga faktor pendukung dan penghambat yang terdapat dalam menanamkan karakter bersahabat (komunikatif) pada siswa di MTs Muhammadiyah Curup dimana faktor pendukung dalam penanaman karakter ini dengan banyaknya kegiatan keagamaan atau pun pembelajaran yang ada disekolah, sedangkan faktor penghambatnya siswa yaitu sebagian ada anak yang susah di atur atau masih butuh perhatian dalam bergaul ataupun berkomunikasi ini kebanyakan adalah anak kelas VII yang baru masuk sekolah MTs atau baru tamat dari sekolah sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Fitri, Zera NurUNSPECIFIED
Asha, LukmanUNSPECIFIED
Sagiman, SagimanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI; Karakter Bersahabat (Komunikatif).
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:20
Last Modified: 19 Oct 2019 12:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item View Item