Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dalam Meningkatkan Komunikasi Siswa Kelas V SD Unggulan ‘Aisyiyah (SDUA) Taman Harapn Curup

Hasanah, Nur and Rahmi Nasution, Aida and Meldina, Tika (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dalam Meningkatkan Komunikasi Siswa Kelas V SD Unggulan ‘Aisyiyah (SDUA) Taman Harapn Curup. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi Nur Hasanah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran dalam pendidikan adalah salah satu faktor utama dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif, oleh karena itu video animasi ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif, aktif dan progresif yang bertujuan untuk; 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran saat ini; 2) Mendesain proses pembelajaran berbasis video animasi untuk meningkatkan komunikasi siswa kelas V; 3) Menguji bagaimana kelayakan dari rancangan media pembelajaran berbasis video animasi yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Penelitian (R&D) bertujuan untuk menghasilkan atau memodifikasi sebuah produk pembelajaran. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan Borg and Gall dengan 5 tahapan yaitu: 1) Potensi Masalah; 2) Pengumpulan Data; 3) Desain Produk; 4) Validasi Desain; 5) Revisi Desain. Metode yang dilakukan adalah wawancara, observasi, angket. Sedangkan teknik analisis data untuk data kualitatif menggunakan deskriptif kualitatif sedangkan untuk data secara kuantitatif diolah menggunakan rumus skala Likert. Penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Proses pembelajaran yang dilakukan belum sepenuhnya sesuai tuntutan KI dan KD dan masih berlangsung secara konvensional dimana guru menjadi Teacher Centered dalam pembelajaran; 2) Rancangan dan desain pembelajaran dikembangkan dengan melakukan analisis kebutuhan terhadap guru dan siswa, selanjutnya menyusun draf konseptual video yang akan dikembangkan dan menetapkan aspek-aspek kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran; 3) Kelayakan video animasi yang dikembangkan peneliti kemudian divalidasikan kepada beberapa ahli yakni ahli materi, ahli kurikulum dan ahli media. Berdasarkan validasi dari ahli materi diperoleh persentase 93% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli kurikulum diperoleh persentase 83% dengan 12 kriteria valid dan validasi ahli media memperoleh persentase 83% dengan kriteria valid. Berdasarkan hasil validasi dari ahli maka media dinyatakan layak untuk diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hasanah, NurUNSPECIFIED
Rahmi Nasution, AidaUNSPECIFIED
Meldina, TikaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Animasi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:30
Last Modified: 21 Feb 2023 08:30
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2355

Actions (login required)

View Item View Item