Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V di SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup

Sari, Novita Diana and Komalasari, Bakti and Sagiman, Sagiman (2022) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V di SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Novita Diana Sari.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya kebijakan pemerintah terkait pelaksanaan pembelajaran secara dalam jaringan (daring) di sekolah guna menekan perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia. Dalam hal ini, guru dan siswa berinteraksi dengan menggunakan perangkat teknologi. Meskipun, kasus Covid-19 di Indonesia telah menurun, namun pembelajaran daring ini dapat terus dilaksanakan untuk menunjang pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring, faktor pendukung serta penghambat, dan solusinya dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas V SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini yakni wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru mata pelajaran Akidah Akhlak, dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif oleh Milles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran akidah akhlak kelas V di SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup yaitu evaluasi context, evaluasi input, evaluasi process, dan evaluasi product. Faktor pendukungnya antara lain tersedianya sarana prasarana teknologi, adanya kerjasama antara guru dengan orangtua dalam mendampingi siswa, dan adanya partisipasi dari siswa. sedangkan faktor penghambat yaitu sinyal kadang tidak stabil, fasilitas handphone yang dipakai bersama orangtua dan ada beberapa siswa tidak memiliki handphone. Solusi yang dilakukan sekolah adalah dengan menerapkan pembelajaran dalam 2 sesi dan siswa diminta datang ke sekolah untuk menggunakan fasilitas berbasis teknologi di sekolah. Kata Kunci: Evaluasi, Pembelajaran Daring, Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, Novita DianaUNSPECIFIED
Komalasari, BaktiUNSPECIFIED
Sagiman, SagimanUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:30
Last Modified: 21 Feb 2023 08:30
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2334

Actions (login required)

View Item View Item