Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Guru Di SMP Negeri 1 Curup

Saputra, Nandito and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Baryanto, Baryanto (2019) Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Guru Di SMP Negeri 1 Curup. Diploma thesis, IAIN Curup.

[img] Text
MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DI SMP NEGERI 1 CURUP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan disiplin dan kompetensi guru tidak begitu saja lepas dari peran dan usaha kepala sekolah. Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya kepala sekolah sedemikian rupa harus mampu meningkatkan disiplin para guru. Dalam meningkatkan kedisiplinan para guru kepala sekolah harus memiliki keahlian dalam memanage bawahan yang dipimpinnya. Di SMP Negeri 1 Curup kedisiplinan guru belum begitu maksimal. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti mendapatkan informasi bahwa masih banyak guru yang kurang disiplin seperti sering terlambat apel, sering telat dalam melaksanakan pembelajaran, guru yang sering meninggalkan kelas. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) untuk mendapatkan gambaran kedisiplinan guru di SMP Negeri 1 Curup (2) Untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru SMP Negeri 1 Curup (3)Untuk menjelaskan faktor penghambat manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin guru SMP Negeri 1 Curup. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data, diperoleh dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, TU, siswa yang ada di SMP Negeri 1 Curup. Data kualitatif dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa gambaran dari manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru Di SMP Negeri 1 Curup sudah berbagai upaya diterapkan oleh kepala sekolah mulai dari kegitatan apel pagi, disetiap rapat dewan guru, dan dalam bentuk kerjasama. Adapun manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin guru yaitu mulai dari perencanaan tata tertib, keteladanan, dan kinerja. Faktor penghambat manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru yaitu berasal dari background guru itu sendiri karena memiliki kewajiban dalam rumah tangga, selain itu faktor jarak sekolah yang jauh dari tempat tinggal

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Saputra, NanditoUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Baryanto, BaryantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kepala Sekolah; Disiplin Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:20
Last Modified: 19 Oct 2019 12:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item View Item