Susilawati, Putri and Asha, Lukman and Ifnaldi, Ifnaldi (2022) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa di Smpit Khoiru Ummah Rejang Lebong. Masters thesis, IAIN Curup.
Text
PUTRI SUSILAWATI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Saat ini terjadinya distorsi akhlak seperti sekarang ini, perlu adanya upaya untuk menanamkan nilai-nilai akhlak kepada peserta didik khususnya dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah. Penanaman nilai-nilai akhlak ini tentu memerlukan manajemen yang baik agar apa yang menjadi tujuan dapat dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan Evaluasi pada manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI ) dalam membentuk akhlak peserta didik di SMPIT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Dengan demikian penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat diskriptif kualitatif.. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu : Observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (Conclusion). Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah : Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, karyawan dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Pertama, manajemen pembelajaran meliputi perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), evaluasi (Controlling) dalam kategori baik, dilakukan atas dasar pemikiran religius kemudian dikembangkan di SMPIT Khoiru Ummah Rejang Lebong dengan mengamalkan nilai-nilai Agama yang diyakini dan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, serta dilakukan dengan memanfaatkan jam tambahan pada kegiatan Ekstrakurikuler. Kedua, Pola pelaksanaan manajemen Pembelajaran PAI yang sangat unik seperti, penerapan budaya religius di SMPIT Khoiru Ummah Rejang Lebong melalui budaya salam, permisi, maaf dan terima kasih, serta tuntas baca tulis alqur’an, shalat dhuha, shalat zhuhur secara berjamaah, istighosah dan doa bersama, peringatan hari-hari besar Islam, kegiatan imtaq dan tadarrus alqur’an, doa bersama di diawal dan diakhir pelajaran, jabat tangan antar warga sekolah, serta pemakaian busana muslim dan muslimah. Diharapkan dengan kegiatan-kegiatan tersebut dapat menanamkan nilai-nilai akhlak kepada peserta didik. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, PAI, Akhlak Peserta didik
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:29 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:29 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2324 |
Actions (login required)
View Item |