Metode Dalam Pencapaian Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas Xi Sma 01 Muhammadiyah Tempel Rejo Curup Selatan

Yanti, Putri Rama and Nelson, Nelson and Gunawan, Guntur (2021) Metode Dalam Pencapaian Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas Xi Sma 01 Muhammadiyah Tempel Rejo Curup Selatan. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
putri ramayanti.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran yang menjadi ranah pendidikan dalam aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan) masih tetap menjadi acuan dan sasaran hasil belajar tidak terkecuali dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) 01 Muhammadiyah,. Pengembangan aspek kognitif memang. Penilaian afektif yang dilakukan oleh guru pada saat pembelajaran masih terlihat banyak yang belum menggunakan aturan penilaian yang sesuai dengan petunjuk penulisan dalam penilaian afektif, hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara beberapa guru yang mengatakan kalau menilai afektif, saya lihat anaknya dulu kalau anaknya di dalam kelas rajin, sopan, manut ya saya kasih nilai baik, tapi kalau anaknya sering rame suka nggoda temannya kalau ada tugas sering gak ngumpulkan saya kasih nilai cukup padahal penilaian afektif sangat berpengaruh terhadap hasil yang diperoleh peserta didik selama pembelajara. Psikomotorik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan aktifitas otot, fisik, atau gerakan-gerakan anggota badan. Keluaran hasil belajar yang bersifat psikomotoris adalah keterampilan-keterampilan gerak tertentu yang diperoleh setelah mengalami peristiwa belajar. Pengertian Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif. Karna itu pendekatan yang penulis lakukan adalah pendekatan deskriptif yang dilakukan karna penulis ini terjadi secara real dan alami dan juga data yang dikumpulkan hasil dari membaca buku, melihat google dan lain sebagainya,. Adapun subyek yang diteliti adalah Kepala Sekolah. Guru mata pelajaran PAI, kesiswaan. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Proses pendidikan terdiri dari 3 unsur dasar yakni input proses output. Input yang dimaksud yaitu siswa dengan berbagai latar belakangnya. Proses yaitu kegiatan pembelajaran yang didalamnya mencakup pemberian dan pemahaman materi oleh guru kepada siswa. Pada penilaian aspek afektif beberapa pendidik melakukan penilaian dengan cara yang berbeda yaitu mengamati peserta didik pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Aspek afektif mengacu pada aspek emosional atau prasaan. Media massa memberikan rangsangan emosional pada khalayak, menimbulkan berbagai macam prasaan yang berbeda-beda pada tiap idividu. Kata kunci: Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yanti, Putri RamaUNSPECIFIED
Nelson, NelsonUNSPECIFIED
Gunawan, GunturUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:29
Last Modified: 21 Feb 2023 08:29
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2319

Actions (login required)

View Item View Item