Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sd Negeri 25 Rejang Lebong

Melati, Putri and Baryanto, Baryanto and Khair, Ummul (2022) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sd Negeri 25 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Putri Melati (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri 25 Rejang Lebong. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kuantitatif, sedangkan metode penelitiannya adalah korelasi. Metode korelasi ini diharapkan dapat diperoleh gambaran sesungguhnya mengenai variabel-variabel penelitian, sehingga dapat diketahui pengaruh antara dua variabel tersebut. adapun jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 30 responden yang diambil dari kelas VA dan VB. Berdasarkan hasil analisis data pada 30 responden siswa/siswi SD Negeri 25 Rejang Lebong bahwa motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini sangat sesuai dengan hasil penelitian yang menyatakan r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5%, yaitu sebesar 0,976 > 0,05 dan dilihat dalam bentuk tabel koefisien korelasi termasuk dalam kategori sangat tinggi. Hasil uji t diketahui antara motivasi belajar (X) memiliki hasil signifikansi 0,00 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan, maka dapat dikatakan ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Dengan demikian, maka Ha (Hipotesis Alternatif) diterima dan Ho (Hipotesis nihil) ditolak. Sedangkan dilihat dari hasil perhitungan koefisien determinasi, besarnya pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y dilihat dari hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 95,2% dan sisanya 4,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Artinya hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar di SD Negeri 25 Rejang Lebong. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Melati, PutriUNSPECIFIED
Baryanto, BaryantoUNSPECIFIED
Khair, UmmulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:28
Last Modified: 21 Feb 2023 08:28
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2310

Actions (login required)

View Item View Item