Studi Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Dan Menghafal Al-Qur’an Di Rumah Qur’an Hanzah Rejang Lebong

Fitriani, Intan (2019) Studi Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Dan Menghafal Al-Qur’an Di Rumah Qur’an Hanzah Rejang Lebong. Diploma thesis, IAIN Curup.

[img] Text
STUDI ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI RUMAH QUR’AN HANZAH REJANG LEBONG.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pentingnya mempelajari Al-Qur’an bagi anak, dengan membaca dan menghafal Al-Qur’an akan meningkatkan kecerdasan dan menambah daya ingat anak. Belajar Al-Qur’an merupakan kewajiban yang utama bagi setiap mukmin begitu juga mengajarkannya. Belajar Al-Qur’an dapat dibagi dalam beberapa tingkatan, yang pertama, yaitu belajar membacanya sampai lancar dan baik menurut kaidah-kaidah yang berlaku dalam qira’at dan tajwid, yang kedua yaitu belajar arti dan maksud yang terkandung didalamnya dan yang terakhir yaitu belajar menghafal di luar kepala salah satu lembaga pendidikan membaca dan menghafal Al-Qur’an di Rejang Lebong adalah Rumah Qur’an Hanzah. Dalam menyampaikan materi pelajaran juga tidak terlepas dari penggunaan beberapa metode, salah satunya dalam materi pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an di Rumah Qur’an Hanzah. Penelitin ini berupa penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis data dan hasil penelitian yaitu dengan mendeskripsikan atau menggambarkan keadaan yang sedang berlangsung atau terjadi dan menganalisis datanya dengan tidak menggunakan perhitungan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanan pembelajaran membaca Al-Qur’an di Rumah Qur’an Hanzah bagi para guru dan murid menggunakan metode iqro’ dan metode usmani. Dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an menggunakan beberapa metode yaitu metode talqin, metode wahdah, thariqatu takriry al-qiraati al-juz’i (membaca berulang-ulang), setoran (talaqqi), memuraja’ah (mengulang hafalan). Masing-masing metode pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an tersebut memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Walaupun sudah menggunakan beberapa metode membaca Al-Qur’an untuk mempermudah murid dalam mengucapkan makhraj huruf, metode usmani lebih efektif digunakan dari pada metode iqro’. Sedangkan untuk mempermudah anak dalam menghafal Al-Qur’an kelima metode telah efektif digunakan oleh guru di Rumah Qur’an Hanzah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Fitriani, IntanUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerSyahindra, Wandiwandi.syahindra@gmail.com
ReviewerWarlizasusi, JumiraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran; Membaca dan Menghafal Al- Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:20
Last Modified: 06 Mar 2020 09:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/231

Actions (login required)

View Item View Item