Penerapan Kurikulum Anak Pra Sekolah (Tk) Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Dan Moral Melalui Metode Bercerita (Studi Di Taman Kanak-Kanak Hafazhah Karang Anyar Curup Semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019)

Wahdini, Sirry and Murniyanto, Murniyanto and Suprapto, Suprapto (2018) Penerapan Kurikulum Anak Pra Sekolah (Tk) Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Dan Moral Melalui Metode Bercerita (Studi Di Taman Kanak-Kanak Hafazhah Karang Anyar Curup Semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019). Diploma thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENERAPAN KURIKULUM ANAK PRA SEKOLAH (TK) TERHADAP PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DAN MORAL ME.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dan moral di latarbelakangi oleh degradasi moral pada anak. Sikap anak yang banyak menyimpang dari norma-norma yang berlaku membuat peneliti melakukan penelitian mengenai penanaman nilai Agama Islam dan moral sejak dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan penanaman nilai-nilai Agama Islam dan moral bagi anak prasekolah melalui metode bercerita di TK Hafazhah Karang Anyar Curup. Serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai Agama Islam dan Moral bagi anak prasekolah melalui metode bercerita. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, para guru, serta orang tua siswa TK Hafazhah Karang Anyar Curup. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, serta analisa data yang digunakan yaitu kualitatif dengan langkah-langkah : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai Agama Islam dan moral di TK Hafazhah Karang Anyar Curup sangatlah penting untuk diberikan kepada anak sejak dini sebagai dasar untuk menjalani kehidupan dengan bertingkah laku sesuai ajaran agama Islam. Proses penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dan moral di TK Hafazhah Karang Anyar Curup sudah cukup bagus, yaitu dengan diawali oleh materi pagi, materi inti, istirahat dan penutup. Proses tersebut telah terprogram dan rutin dilaksanakan setiap harinya. Adapun penghambat yang dihadapi dalam penanaman nilai Agama Islam dan moral ini yaitu faktor lingkungan, yang mana lingkungan sangat berpengaruh besar dalam pembantukan sikap anak usia dini. Untuk mengatasi hambatan yang dihadapi, perlu adanya perhatian dari orang tua, serta harus memperketat kebiasaan bermain anak agar tidak ada pengaruh negatif dari luar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Wahdini, SirryUNSPECIFIED
Murniyanto, MurniyantoUNSPECIFIED
Suprapto, SupraptoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dan Moral; Anak Prasekolah; Metode Bercerita.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:20
Last Modified: 19 Oct 2019 12:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item View Item