Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Tunanetra di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kepahiang

Handayani, Putri and Rahman, Abdul and Fadila, Fadila (2020) Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Tunanetra di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi putri handayani.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang upaya guru dalam memecahkan permasalahan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak berkebutuhan khusus pada Anak Tunanetra di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kepahiang dengan menggunakan berbagai metode dan media. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa terdapat beberapa permasalahan dalam melaksanakan pembelajaran PAI bagi anak tunanetra yaitu kurangnya pemahaman kompetensi guru, kesulitan guru dalam memberikan obyek nyata dan tingkat intelegensi anak yang berbeda-beda. Dalam pembelajaran, adapaun metode yang digunakan guru yaitu metode ceramah, metode Tanya jawab, metode diskusi dan metode drill. Adapun upaya guru dalam memecahkan permasalahan dalam melaksanakan pembelajaran PAI bagi anak tunanetra yaitu pelatihan peningkatan kompetensi guru, penggunaan metode dan media yang sesuai dengan kemampuan intelegensi anak dan penggunaan media huruf Braille.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Handayani, PutriUNSPECIFIED
Rahman, AbdulUNSPECIFIED
Fadila, FadilaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:28
Last Modified: 21 Feb 2023 08:28
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2288

Actions (login required)

View Item View Item