Pandini, Puspa and Ifnaldi, Ifnaldi and Komalasari, Bakti (2020) Aktivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Jejaring (Daring) pada Masa Covid-19 di SMAN 10 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
skripsi Puspa Pandini.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Aktivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Jejaring (Daring) Pada Masa Covid-19 di SMAN 10 Rejang Lebong. 2) Faktor Pendukung dan faktor penghambat dari Aktivitas Aembelajaran Agama Islam Dalam Jejaring (Daring) Pada Masa Covid-19 di SMAN 10 Rejang Lebong Kecamatan Kotapadang. Jenis penelitian ini adala penelitia kualitatif, subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, dan Siswa- siswi di SMAN 10 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Aktivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa covd-19 di SMAN 10 Rejang Lebong Dimana aktivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan media online yaitu berupa whataaps group, aktivitas pembelajarannya seperti biasa yang dilakukan pada umumnya pembelajaran dikelas sebagaimana yang pertama dilakukan dengan pembuatan group whaatapps, dilanjutkan dengan guru mrmberikan jadwal pembelajaran yang telah dijadwalkan sebelumnya, sesuai dengan jadwal dilanjutkan dengan guru mengisi absensi, pemberian motivasi, pemberian materi dan mengumpulkan tugas yang diberikan. Tugas yang dikirim bisa berupa tugas resuman, kumpulan vidio dan sebagainya. 2) Faktor pendukung dan faktor peghambat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam jejaring (daring) pada masa covid-19 di SMAN 10 Rejang Lebong, adapun faktor pendukungnya adalah: berupa adanya SDM yang memadai dari masyarakat Kotapadang, sarana dan prasarana yang cukup baik, dan adanya dukungan dari masyarakat mengenai adanaya pembelajaran secara daring ini. Dan adapun faktor penghambat dari aktivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam jejaring (daring) pada masa covid-19 di SMAN 10 Rejang Lebong dilihat dari segi jaringan, segi ekonomi, faktor siswa yang tidak mempunyai HP dan dari segi siswa kesulitan memahami materi yang disampaikan karna banyaknya tugas yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Pembelajaran dan Guru PAI | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs maisonah | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:28 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:28 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2283 |
Actions (login required)
View Item |