Evaluasi Program Baca Tulis Al-Qur’an Menggunakan Model Cipp Di SMPN 7 Rejang Lebong

Wijayanto, Doli and Kurniawan, Kurniawan and Masudi, Masudi (2018) Evaluasi Program Baca Tulis Al-Qur’an Menggunakan Model Cipp Di SMPN 7 Rejang Lebong. Diploma thesis, IAIN Curup.

[img] Text
EVALUASI PROGRAM BACA TULIS AL-QUR’AN MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI SMPN 7 REJANG LEBONG.pdf

Download (1MB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk meninjau proses dan pelaksanaan Baca Tulis Al-Qur’an evaluasi dengan model CIPP. Melalui program Baca Tulis AlQur’an siswa dapat bertambah wawasan mengenai pengetahuan cara melafalkan dan menulis ayat-ayat Al-Qur’an dengan mengetahui aturan-aturan yang telah ditetapkan seperti mahkorijul huruf, panjang pendek, kaidah tajwid, dan ghorib sehingga tidak terjadi perubahan makna.Penelitian ini permasalahan terfokus pada kajian Evaluasi Sistem CIPP terhadap Program Baca Tulis Al- Qur’an di SMPN 7 Rejang Lebong. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui: 1) pelaksanaan kegiatan program baca tulis al- Qur’an di SMPN 7 Rejang Lebong. 2)mengevaluasi program baca tulis al- Qur’an menggunakan sistem CIPP di SMPN 7 Rejang Lebong. Adapun Jenis penelitian yang akan dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Subjek penelitian ini adalah: Guru PAI dalam menerapkan Baca Tulis Al-qur’an di SMPN 07 Rejang Lebong. Teknik pengumpul data yang diperlukan ialah observasi dan dokumentasi. Serta analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification.” Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan kegiatan program baca tulis al- Qur’an di SMPN 7 Rejang Lebong dilaksanakan dengan mengunakan dua metode, yaitu metode Iqra’ dan Al-Baghdadi 2)Evaluasi program baca tulis alQur’an menggunakan sistem CIPP di SMPN 7 Rejang Lebong yaitu dengan menggunakan Evaluasi Context (konteks) yaitu guru modul berisikan materi-materi, ulangan dan tugas. Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dan evaluasi konteks ini dilakukan untuk melihat bagaimana pemahaman siswa dan sebagai bahan refleksi bagi guru. Pada Evaluasi Input (masukan) guru mengadakan evaluasi masukan kepada siswa, dengan demikian guru menilai efektif atau tidakkah program tersebut. Ketiga, Evaluasi Process (proses) pelaksanaan strategi dan penggunaan sarana / modal bahan dalam kegiatan nyata lapangan. Selanjutnya, Evaluasi Product, fokus pada pengukuran keberhasilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Wijayanto, DoliUNSPECIFIED
Kurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
Masudi, MasudiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Program Baca Tulis Al-Qur’an dan Model CIPP
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:20
Last Modified: 19 Oct 2019 12:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item View Item