Pengaruh Manajemen Pembelajaran Full Day School Terhadap Pembelajaran Keagamaan Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SMA N 1 Merigi

Andresta, Yansa and Mustar, Saidil and Nasution, Syarifah (2018) Pengaruh Manajemen Pembelajaran Full Day School Terhadap Pembelajaran Keagamaan Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SMA N 1 Merigi. Diploma thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENGARUH MANAJEMEN PEMBELAJARAN FULL DAY SCHOOL TERHADAP PEMBELAJARAN KEAGAMAAN SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISL~1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengaruh manajemen pembelajaran full day school terhadap pembelajaran keagamaan siswa bidang studi PAI di SMA N 1 Merigi. Dilatar belakangi oleh manajemen pembelajaran full day school yang mempengaruhi pembelajaran keagamaan siswa, studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana kondisi manajemen pembelajaran full day school di SMA N 1 Merigi (X)? Bagaimana pembelajaran keagamaan siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Merigi (Y)? Apakah manajemen pembelajaran full day school berpengaruh terhadap pembelajaran keagamaan siswa? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi manajemen pembelajaran full day school, untuk mengetahui kondisi pembelajaran keagamaan siswa bidang studi PAI, dan untuk membuktikan manajemen pembelajaran full day school berpengaruh terhadap pembelajaran keagamaan siswa bidanga studi PAI di SMA N 1 Merigi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik proporsional random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 85 siswa kelas XI SMA N 1 Merigi yang terdiri dari 3 kelas IPA dan 2 kelas IPS. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah t-test satu sampel dan korelasi product moment. Kesimpulan dari penelitian ini meliputi: pertama, manajemen pembelajaran full day school di SMA N 1 Merigi menunjukkan kategori “cukup baik”. Kedua, pembelajaran keagamaan siswa bidang studi PAI di SMA N 1 Merigi menunjukkan kategori “sedang”. Ketiga, terdapat pengaruh anatara manajemen pembelajaran full day school terhadap pembelajaran keagamaan siswa bidang studi PAI di SMA N 1 Merigi berdasarkan perhitungan statistik dengan koefesien korelasi product moment. Hal ini ditunjukkan oleh koefesien korelasi xy r = 0,2915 > rtabel 5%= 0,2133 dan rtabel 1% = 0,2780, ini berarti manajemen pembelajaran full day school berpengaruh signifikan terhadap pembelajaran keagamaan siswa bidang studi PAI di SMA N 1 Merigi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan mamfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi lembaga SMA 1 Merigi, Kepala Sekolah, Guru, dan para siswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Andresta, YansaUNSPECIFIED
Mustar, SaidilUNSPECIFIED
Nasution, SyarifahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pembelajaran Full Day School; Pembelajaran Keagamaan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:20
Last Modified: 19 Oct 2019 12:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item View Item