Pola Interaksi Guru Dengan Murid Dalam Al- Qur’an Surat Luqman Ayat 12-19 Dan Relevansinya Dengan Kurikulum 2013

Susanto, Nova Julian and Amda, Ahmad Dibul and Yanuarti, Eka (2021) Pola Interaksi Guru Dengan Murid Dalam Al- Qur’an Surat Luqman Ayat 12-19 Dan Relevansinya Dengan Kurikulum 2013. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
NOVA JULIAN SUSANTO.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembahasan utama dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pola interaksi guru dan murid dalam al- qur'an surat luqman ayat 12-19. 2) Untuk mengetahui pola interaksi guru dan murid dalam al- qur'an surat luqman ayat 12-19 dan relevansinya dengan kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian pustaka (library esearch). Sumber data penelitian ini terdiri dari: Sumber Data Primer dan Sumber Data Sekunder. Teknik Pengumpulan Data langkah-langkah pengumpulan data yang dimaksud adalah: 1) Qs. Lukman ayat 12-19 dan pedoman implementasi kurikulum 2013 yang dijadikan obyek penelitian, 2) Mentrasfer data ke dalam tulisan 3) Menganalisis isi untuk kemudian mengklasifikasikan berdasarkan pembagian yang telah ditentukan (rumusan masalah) 4) Mencocokkan dengan buku-buku bacaan yang relevan yang ada. Dalam analisis data pada penelitian kualitatif ada tiga kegiatan yang dilakukan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1)Pola interaksi guru dan murid dalam surah Lukman ayat 12-19 adapun bentuk pola interaksi guru dan murid dalam surah Lukman ayat 12-19. Pola interaksi satu arah yakni terdapat pada Pada Ayat 12, 16, 18 dan 19. Pola interaksi dua arah pada Ayat 14. Pola Interaksi Multi Arah Ayat 15 dan 17. 2) Pola Interaksi Guru Dan Murid Dalam Al- Qur'an Surat Luqman Ayat 12-19 Dan Relevansinya Dengan Kurikulum 13. Pola interaksi satu arah Pola interaksi satu arah yakni tergambar pada ayat 12, Ayat 13 (Syirik merupakan kezhaliman yang amat besar). Serta pada Ayat 18-19 ini dikatakan komunikasi satu arah karena dalam kandungan ayat tersebut yaitu tentang suatu printah kepada anaknya jangan sampai mempersekutukan allah SWT. Adapun relevansi dengan kurikulum 2013, Pola interaksi ini lajaran yang aktif agar proses interaksi antara guru dan siswa berjalan dengan baik. Pola interaksi dua arah Ayat 14 interaksi dua arah yakni pada komunikasi ini pada ibu dan bapak, setiap anak di anjurkan bahwa seorang anak menunjukan dsikap yang baik dan patuh kepada ibu bapaknya. Komunikasi sebagai interaksi (dua arah). Komunikasi dua arah guru berperan sebagai pemberi aksi atau penerima aksi. Demikian pula halnya peserta didik, bisa sebagai penerima aksi atau pemberi aksi. Antara guru dan peseta didik akan terjadi dialog. Ada balikan (feedback) bagi guru, tidak ada interaksi antarpeserta didik. Pola Interaksi Multi Arah Pada Ayat 15 dengan kurikulum 2013 ialah pada pembelajaran yang kegiatannya semata-mata berpusat pada siswa. Kata Kunci: Pola Interaksi Luqman Ayat 12-19 Dan Relevansinya Dengan Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Susanto, Nova JulianUNSPECIFIED
Amda, Ahmad DibulUNSPECIFIED
Yanuarti, EkaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:27
Last Modified: 21 Feb 2023 08:27
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2268

Actions (login required)

View Item View Item