Aktivitas Pembelajaran Aqidah Akhlak Melalui Daring pada masa Pandemi Covid -19 Kelas VIII MTs Baitul Makmur Curup

Mayurah, Dia and Komalasari, Bakti and Syahindra, Wandi (2022) Aktivitas Pembelajaran Aqidah Akhlak Melalui Daring pada masa Pandemi Covid -19 Kelas VIII MTs Baitul Makmur Curup. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi Dia mayurah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan perubahan pelaksanaan pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 yang berdampak cukup besar dalam kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya dalam aspek pendidikan. Dengan adanya pandemi ini mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan tentang pelaksanaan pembelajaran di Indonesia yaitu pembelajaran harus dilaksanakan secara daring atau jarak jauh. Pelaksanaan pembelajaran secara daring di sekolah sudah terlaksana, salah satumya di MTs Baitul Makmur Curup. Pada pembelajaran daring mata pelajaran aqidah akhlak di kelas VIII biasanya guru menggunakan Whatshapp, dan google form. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pembelajaran aqidah akhlak melalui daring pada masa pandemi Covid-19 kelas VIII di MTs Baitul Makmur Curup. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif, yang mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti dalam pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak secara daring. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Aktivitas pembelajaran merupakan suatu bentuk kegiatan yang mengharuskan siswa untuk memahami dan mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, keterampilan dan materi belajar yang cocok dengan kecepatan dan kesulitan belajarnya, serta tuntutan kemampuan yang berguna dalam kehidupan dan perkembangan diri siswa. Setelah data-data terkumpul peneliti mendapatkan hasil penelitian bahwa pandemi covid-19 membawa dampak yang sangat besar terhadap proses pembelajaran aqidah akhlak, pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka sekarang dialihkan menjadi pembelajaran Daring. Untuk pelaksanaan pembelajaran ada 3 tahap, yaitu persiapan sebelum pembelajaran (membuat RPP daring,media pembelajaran, dan buku aqida akhlak). Proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan tiga aplikasi yaitu whatsApp gooegle form dan YouTube. Faktor pendukung dalam pembelajaran aqidah akhlak secara daring mencakup sarana dan prasarana sekolah, laptop, dan handphone. Sedangkan faktor penghambat atau kendala yaitu materi belum bisa tersampaikan secara menyeluruh, serta jarimgan internet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mayurah, DiaUNSPECIFIED
Komalasari, BaktiUNSPECIFIED
Syahindra, WandiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Pembelajaran, Daring
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:27
Last Modified: 21 Feb 2023 08:27
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2260

Actions (login required)

View Item View Item