Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di Sdn 11 Rejang Lebong

Ariani, Nopita and Rahman, Abdul and Syahindra, Wandi (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di Sdn 11 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Nopita Ariani.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembentukan karakter siswa sangat penting dilakukan, karena saat ini persoalan karakter senantiasa mewarnai kehidupan manusia dari zaman kezaman. Perkembangan karakter siswa banyak dipengaruhi oleh lingkungannya, siswa memperoleh nilai-nilai yang ada dalam lingkungannya. Dalam mengembangkan karakter religius siswa di sekolah, peranan guru, khusunya guru pendidikan agama Islam begitu penting, guru harus bisa menciptakan lingkungan yang kondusif dan agamis baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Akan tetapi kenyataanya banyak siswa yang belum memiliki karakter religius. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa di SDN 11 Rejang Lebong. dan untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung guru pendididkan agama Islam membentuk karakter religius siswa di SDN 11 Rejang Lebong. Metode yang digunakan penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan deskriptif kulitatif, yang subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, dan guru pendidikan agama Islam kelas IV dan V, penelitian ini dilaksankan di SDN 11 Rejang Lebon. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan langsung kelapangan. Adapun tekniknya menganalisis data ialah dengan reduksi data,, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan penelitian yang dihasilkan, terdapat kesimpulan bahwa upaya guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa terdapat 3, yaitu: Menggunakan pemahaman, pembiasaan, dan keteladanan. Faktor mempengaruhi ada 2 yaitu: 1) Faktor penghambat yaitu: a) Kurang adanya kesadaran dari diir siswa. b) Lingkungan masyarakat (pergaulan). c) Latar belakang siswa yang kurang mendukung. d) Pengaruh media sosial dari handphone dan tayangan televise. dan 2) Faktor pendukung yaitu : a) Adanya dukungan dan motivasi dari orang tua. b) Adanya kebersamaan dalam diri masing-masing guru dalam membentuk karakter religius siswa. c) Adanya dukungan positif di sekitar sekolah. Kata Kunci : Upaya, guru pendidikan agama islam, karakter religius.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ariani, NopitaUNSPECIFIED
Rahman, Abdulabdulrahman04071972@gmail.com
Syahindra, WandiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:26
Last Modified: 21 Feb 2023 08:26
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2237

Actions (login required)

View Item View Item