Sulastri, Dewi and Warsah, Idi and Amin, Muhammad (2022) Implikasi Penugasan Menghafal Ayat Pendek Pada Minat Belajar Siswa Di Taman Kanak-Kanak Marga Puspita Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas. Sarjana thesis, IAIN CURUP.
Text
Skripsi Dewi Sulastri.pdf Download (1MB) |
Abstract
Implikasi penugasan menghafal ayat pendek ini dilatar belakangi oleh pademi covid yang mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) dengan hanya pertemuan tatap muka dua sampai dengan tiga kali dalam seminggu. anak yang mulai terbiasa dengan melakukan aktivitas dilingkungan rumah hingga lupa akan tugas yang di berikan oleh guru mereka termasuk dengan tugas hafalan dan ketika sudah waktunya untuk mengulang kembali hafalan pada hari yang sudah ditentukan beberapa anak tidak masuk sekolah dikarenakan belum hafal. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana sistem penugasan menghafal ayat pendek dan do’a yang diberikan guru kepada siswa Taman Kanak-Kanak Marga Puspita Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas, serta untuk mengetahui implikasinya pada minat belajar siswa hasil dari pemberian tugas menghafal ayat pendek dari guru di Taman Kanak-Kanak Marga Puspita Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa Taman Kanak-Kanak Marga Puspita Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas, guru serta orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, serta teknik analisa data yang digunakan yaitu kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini memakai uji kredibilitas dengan menggunakan teknik triangulasi dengan cara triangulasi sumber Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implikasi Penugasan Hafalan Ayat Pendek Pada Minat Menghafal Al-Qur’an dan Do’a Siswa Di Taman Kanak-Kanak Marga Puspita Guru membacakan satu, dua sampai dengan tiga ayat lalu siswa mengikutinya hal tersebut diulang sampai dengan lima atau lebih dan ketika dirasa siswa sudah mengingatnya maka dilanjutkan dengan membaca do’a dengan cara yang sama hal ini dilaksanakan setiap hari sebelum mulai pembelajaran dengan harapan siswa mampu menghafal satu minggu satu surah pendek dan satu do’a. Ketika sudah sampai pada hari yang sudah di tentukan yakni hari jum’at siswa akan mengulang kembali ayat-ayat yang sudah mereka hafal. Implikasinya terhadap minat menghafal al-qur’an dan do’a pada siswa adalah siswa berupaya secara konsisten menghafal ayat-perayat dalam surah pendek, ketika dirumah siswa mengulang kembali apa yang dibacakan oleh guru mereka dengan dibantu orang tua dalam sehari siswa menghafal satu kali disekolah saat sebelum belajar dan satu kali dirumah ketika selesai magrib dengan durasi lima sampai dengan delapan menit dengan adanya penugasan hafalan dari guru siswa semakin bersemangat dalam menghafal al-quran dari biasanya yang tidak pernah mengulang dirumah namun ketika ada penugasan seperti tersebut siswa jadi mengulang kembali setiap hari.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Menghafal Al-Qur’an, Minat Belajar Siswa | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mr emeraldo nugroho | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:26 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:26 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2223 |
Actions (login required)
View Item |