Metode Pembelajaran Aqidah dengan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar

Hartati, Meri and Mustar, Saidil and Fadila, Fadila (2020) Metode Pembelajaran Aqidah dengan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi MERI HARTATI.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran aqidah dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dengan menganalisis surah Al-Falaq Ayat 1-5 dan surah Al-Imran ayat 190-191 Tafsir Al-Qurthubi dan Ibnu Katsir. Menurut Sudjana dan Rivai objek lingkungan lebih bermakna karena siswa dihadapkan dengan peristiwa dan keadaan yang sebenarnya secara alami sehingga lebih nyata dan lebih faktual. Oleh karena itu peneliti perlu mengkaji yaitu: bagaimana metode pembelajaran aqidah dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dengan menganalisis surah Al-Falaq Ayat 1-5, surah Al-Imran ayat 190-191 dan surah Al-Ghasyiyah ayat 17-20 Tafsir Al-Qurthubi dan Ibnu Katsir? Jenis penelitian yang digunakan adalah Library Research. Jenis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah studi teks kewahyuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah surah dalam Al-Quran yang berkaitan dengan metode pembelajaran aqidah dengan memanfaatkan lingkungan sebagai objek pembelajaran dengan menganalisis surah Al-Falaq Ayat 1-5 dan surah Al-Imran ayat 190-191 Tafsir Al-Qurthubi dan Ibnu Katsir, kemudian penelaahan terhadap buku-buku, jurnal dan tulisan-tulisan lain yang terkait tentang objek pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan 3 cara yaitu ruang kepustakaan (Library Research), teks dan wacana. Teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa yaitu sebagai berikut: (1) Q.S Al-‘Alaq (96): 1-5 Menurut Tafsir Al-Qurthubi, bahwa inilah ke agungan Allah Subhanahu wata’ala, dimana tidak ada satu penciptaan dipermukaan bumi ini yang terjadi secara kebetulan, melainkan atas kehendak-Nya. Jadi sebagai manusia kita harus bersyukur kepada Allah karena Allah telah menciptakan kita dengan begitu sempurna yaitu dengan selalu beribadah kepada-Nya. (2) Q.S Al-Imran (3): 190-191 Menurut Tafsir Ibnu Katsir bahwa kita harus memikirkan tentang penciptaan-penciptaan Allah baik di langit maupun di bumi dan membaca, mengamati fenomena alam dan mengambil sebagai pelajaran kita bisa mengamati alam yang terjadi disekitar kita supaya hal yang buruk tidak akan terjadi lagi. Jadi dengan melakukan hal tersebut keyakinan dan keimanan kita kepada Allah yang menciptakan langit dan bumi beserta isinya akan bertambah. (3) Q.S. Al-Ghasyiyah (88) ayat 17-20 bahwa Unta dikemukakan karena dia merupakan ciptaan yang menakjubkan, susunan tubuhnya sungguh memikat. Dan, unta itu sendiri mempunyai kekuatan dan kekokohan yang luar biasa. Gunung yang kokoh dan bumi yang terhampar luas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hartati, MeriUNSPECIFIED
Mustar, SaidilUNSPECIFIED
Fadila, FadilaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Aqidah, Sumber Belajar dan Sumber Belajar lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:25
Last Modified: 21 Feb 2023 08:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item View Item