Peranan Guru Dalam Menerapkan Metode Demonstrasi Pada Materi Fiqih Di Mtsn 01 Durian Depun

Damayanti, Rika and Ifnaldi, Ifnaldi and Khair, Ummul (2018) Peranan Guru Dalam Menerapkan Metode Demonstrasi Pada Materi Fiqih Di Mtsn 01 Durian Depun. Diploma thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PERANAN GURU DALAM MENERAPKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI FIQIH DI MTsN 01 DURIAN DEPUN.pdf

Download (681kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peranan guru dalam menerapkan metode demonstrasi pada materi fiqih di MTsN 01 Durian Depun dan melihat bagaimana proses peran guru menerapkan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data kualitatif yaitu data yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, ketiga instrument tersebut saling mendukung dan melengkapi sehingga diperoleh data yang lengkap dan akurat. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa menerapkan metode demonstrasi dalam proses belajar siswa terhadap materi fiqih mengenai peranan guru menerapkan metode demonstrasi adalah pertama: perencana, didalam perencana yang harus disiapkan terlebih dahulu adalah perangkat pembelajaran contohnya RPP. Kedua: pelaksana yaitu pelaksana terhadap metode demonstrasi, yang terbagi menjadi dua tahap yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan metode demonstrasi. Dalam tahap persiapan adalah guru merumuskan tujuan pembelajaran, persiapan guru sebelum mulai demonstrasi. Sedangkan ditahap pelaksanaan adalah langkah-langkah metode demonstrasi seperti cara guru memulai kegiatan yang merangsang peserta didik, ciptakan suasana menyejukkan agar tidak menegangkan dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif. Ketiga: penilai guru terhadap metode demostrasi dengan cara guru memberi hapalan bacaan shalat jenazah yang telah dipraktekkan. Dengan menggunakan metode demonstrasi siswa mudah memahaminya dan siswa tidak hanya mengerti dengan teori tetapi dapat dipraktekkannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Damayanti, RikaUNSPECIFIED
Ifnaldi, IfnaldiUNSPECIFIED
Khair, UmmulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peranan Guru dan Metode Demonstrasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:19
Last Modified: 19 Oct 2019 12:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/219

Actions (login required)

View Item View Item