Formulasi Guru Dalam Menggali dan Mengetahui Bakat Siswa di Sdit Rabbi Radhiyya Curup

Andriani, Nani and Kurniawan, Kurniawan and Siswanto, Siswanto (2021) Formulasi Guru Dalam Menggali dan Mengetahui Bakat Siswa di Sdit Rabbi Radhiyya Curup. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Nani Andriani(1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Ada berbagai macam metode pembelajaran yang bisa diterapkan dalam dunia pendidikan. Semua metode merupakan suatu yang memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga ia bisa diterapkan tergantung dengan situasi dan kondisi pendidikan saat itu. Penelitian ini membahas tentang konsep metode pembelajaran pada QS. Ibrahim ayat 24-25 dalam buku Tafsir Pendidikan Konsep Pendidikan Berbasis Al-Quran karya Ahmad izzan dan Saehudin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau (library research). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif bertujuan agar dapat menggambarkan dengan menelaah, menganalisis dan menarik kesimpulan berdasarkan sumber-sumber berupa buku berdasarkan tema penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik editing, organizing, dan penemuan hasil penelitian. Dalam skripsi ini dilakukan pengamatan terhadap ayat tentang metode pembelajaran surah Ibrahim ayat 24-25 serta buku-buku yang ada kaitannya dengan penelitian dengan menggunakan metode tafsir tematik.Penerapan tafsir tematik terkait dengan penelitian ini guna memperkuat hasil penemuan tersebut dengan ayat-ayat yang berkaitan dengan metode pembelajaran di dalam QS. Ibrahim ayat 24-25. Data diambil dari sumber-sumber kepustakaan yaitu sumber primer diantaranya, buku tafsir pendidikan konsep pendidikan berbasis Al-Quran karya Ahmad Izaan dan Saehuddin,dan sumber sekunder berasal dari buku-buku, jurnal dan yang berkaitan dengan judul. Serta menggunakan content analisys (analisis isi).Setelah itu peneliti mengambil point yang penting atau melakukan analisis rasional sehingga dapat menemukan titik temu suatu pembelahasan berupa kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini, maka peneliti menyimpulkan bahwa terdapat metode konsep pembelajaran dalam QS. Ibrahim ayat 24-25 pada bukuTafsir Pendidikan Konsep Pendidikan Berbasis Al-Quran karya Ahmad izzan dan Saehudinyaitu metode atmsal (perumpamaan), metode kontemplasi dengan memberikan kesempatan merenungan dan berfikir (dengan memberikan tugas atau PR kepada siswa). kata kunci: Konsep Pembelajaran, berbasis al-qur‟an , Surah Ibrahim Ayat 24-25

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Andriani, NaniUNSPECIFIED
Kurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
Siswanto, SiswantoUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:24
Last Modified: 21 Feb 2023 08:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2189

Actions (login required)

View Item View Item