Sutiyoso, Devis and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Yanuarti, Eka (2022) Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam Di MTS Negeri 2 Kepahiang Di Masa Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, IAIN CURUP.
Text
Skripsi Devis Sutiyoso.pdf Download (1MB) |
Abstract
Masalah yang di bahas pada penelitian ini adalah untuk melihat Media pembelajaran apa saja yang digunakan dalam pembelajaran di MTS Negeri 2 Kepahiang, Media pembelajaran apa saja yang digunakan dalam pembelajaran di MTS Negeri 2 Kepahiang, Bagaimana peran media pembelajaran berbasis teknologi dalam proses pembelajaran Siswa di MTS Negeri 2 Kepahiang, dan Bagaimana memotivasi belajar siswa dengan mengunakan media pembelajaran berbasis teknologi di MTS Negeri 2 Kepahiang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Media pembelajaran apa saja yang digunakan dalam pembelajaran di MTS Negeri 2 Kepahiang, Media pembelajaran apa saja yang digunakan dalam pembelajaran di MTS Negeri 2 Kepahiang, Bagaimana peran media pembelajaran berbasis teknologi dalam proses pembelajaran Siswa di MTS Negeri 2 Kepahiang, dan Bagaimana memotivasi belajar siswa dengan mengunakan media pembelajaran berbasis teknologi di MTS Negeri 2 Kepahiang Penelitian ini menggunakan metode jenis kualitatif yang bersifat deskriptif artinya tidak ada pengujian data-data statistic. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi kepada subjek penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, kepada guru dan siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data. Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah : 1. Media pembelajaran berbasis teknologi yang digunakan dalam pembelajaran Siswa di MTS Negeri 2 Kepahiang adalah film-film video pendek, proyektor, Power Point, Whatsapp, dan Zoom Meeting. 2. Hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi informasi pada rumpun pembelajaran Siswa di MTS Negeri 2 Kepahiang adalah 1) terbatasnya quota yang ada pada siswa teritama yang tidak ada jaringan wi-fi di rumah, 2) terkadang sinyal jaringan internet lemah, 3) tidak semua siswa mendapat akses internet, 4) tidak semua siswa memiliki aliran listrik di rumah, 5) siswa tidak dapat bertanya materi pelajaran langsung kepada guru, 6) kalau menggunakan film-film atau video pembelajaran jumlahnya terbatas. vi 3. Peran guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan motivasi belajar pada Siswa di MTS Negeri 2 Kepahiang adalah berperan sebagai 1) perencana pembelajaran yang menyesuaikan dengan kondisi yang ada terutama setelah adanya Covid-19, 2) pengajar, yaitu menyampaikan materi pelajaran sesuai dengan yang telah direncanakan, materi yang diajarakan sangat terbatas karena dilakukan secara online, 3) memberi nilai atas tugas-tugas yang dibuat oleh siswa, dengan nilai itu siswa dapat meningkatkan motivasi atau dorongan belajar, 4) memberikan tugas-tugas kepada siswa dengan tujuan meningkatkann dorongan siswa untuk belajar. 4. Motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis teknologi informasi tergolong baik yang dibuktikan dengan kegiatan siswa dapat membuat, menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh setiap guru, keaktifan siswa mengikuti pembelajaran, perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran dan siswa cukup tertarik dalam mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mr emeraldo nugroho | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:24 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:24 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2186 |
Actions (login required)
View Item |