Pengaruh Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah (Dta) Al-Mustaqim Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di SD N 79 Selupu Rejang

Yuliawan, Eko and Amda, Ahmad Dibul and Karolina, Asri (2018) Pengaruh Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah (Dta) Al-Mustaqim Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di SD N 79 Selupu Rejang. Diploma thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENGARUH PENDIDIKAN DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (DTA) AL-MUSTAQIM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan yang dilakukan beberapa waktu yang lalu dimana dilihat dari segi keagamaan dan hasil belajar siswa, ada beberapa permasalahan yang terkait di antaranya yaitu masih kurangnya jam pelajaran pada mata pelajaran Pai dan metode pendidikan agama yang kurang tepat, sehingga banyak siswa yang Hasil belajar dan moralnya rendah , nilainya yang kurang baik dan tidak mendapat perhatian baik dari orang tua maupun guru sekolah. Sehingga untuk meninggkatkan hasil belajar dan moral diperlukannya pelajaran tambahan yaitu di Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA)Al-Mustaqim yang dapat membantu siswa dalam menanamkan dan mengembangkan konsep-konsep serta prinsip-prinsip dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam . Sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar pada siswa/siswi yang bersekolah di SD N 79 Selupu Rejang. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan belajar di Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) Al-Mustaqim terhadap Hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam PAI di SD N 79 Selupu Rejang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II,III, dan IV SD N 79 Selupu Rejang yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri atas observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Kegiatan belajar di Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Mustaqim pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan islam memiliki nilai rata-rata 71,42. Dengan demikian kegiatan pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-mustaqim adalah “cukup”. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki nilai rata-rata 78,17. Dengan demikian hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pai di SD N 79 Rejang adalah “baik”. 3) Pengaruh Kegiatan Belajar di Diniyah Takmiliyah Awaliyah AlMustaqim terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ini ternyata memberikan pengaruh/korelasi yang dikategorikan cukup atau sedang. kegiatan belajar di Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Mustaqim memiliki pengaruh 37,79% terhadap prestasi belajar siswa dikelas II, III, dan IV di SD N 79 Selupu Rejang

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Yuliawan, EkoUNSPECIFIED
Amda, Ahmad DibulUNSPECIFIED
Karolina, AsriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar ; Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:19
Last Modified: 19 Oct 2019 12:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item View Item