Hubungan Antara Kreativitas Guru Dengan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran PAI Di SMAN 12 Rejang Lebong

Saumi, Nadia and Karolina, Asri and Sagiman, Sagiman (2022) Hubungan Antara Kreativitas Guru Dengan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran PAI Di SMAN 12 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Nadia Saumi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kreatifitas guru dalam pembelajran berkaitan dengan pemilihan metode pembelajaran, media pembelajaran, strategi serta pendekatan yng digunakan dalam proses pembelajaran. Pemilihan ini tentunya berdasarkan pemahaman guru tentang kondisi dan potensi peserta didik, sehingga dalam penggunaanya tepat sasran. Keaktifan siswa merupakan masalah yang sering dijumpai dalam kegiatan pmbelajaran. Tujuan dalam penelitian ini pertama untuk mengetahui krativitas guru dalam pembelajaran PAI, kedua untuk mengetahui keaktifan siswa dalam pembelajaran PAI dan ketiga untuk mengetahui hubungungan antara kreativitas guru dengan keaktifan siswa dalam pembelajaran PAI. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dengan jumlah responden 30 siswa. Variabel dependen dalam penelitian ini kreativitas guru dan variabel independen keaktifan siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket tertutup dengan skala 4. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik uji istrumen dengan validitas dan reliabilitas dan teknik analisis data menggunakan anlisis data range, mean, modus, standar deviasi, dan korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, hasil dari perhitugan angket kreativitas guru dikategorikan sedang dengan presentase 43,3% sebanyak 13 anak dari 30 responden. kedua, hasil dari perhitungan angket keaktifan siswa diperoleh frekuensi sebanyak 36,67% sebanyak 11 anak dari 30 responden . Dan ketiga, dari hasil penghitungan korelasi antara variabel X dan Y bertanda positif dengan memperhatikan pearson correlation yang diperoleh yaitu 0,299 besarnya rxy dihasilkan terletak antara 0.20-0,40 Hal ini menunjukan bahwa koefisien korelasi antara 2 variabel yaitu variabel kreativitas guru dan keaktifan siswa bernilai rendah.. Selanjutnya terlihat bahwa nilai r dengan nilai probalitas sig > 0,05 dengan hasil 0,108 >0,05 berarti terdapat hubunga yang rendah dan tidak signifikan antara kreativitas guru dengan keaktifan siswa dalam pembelajaran PAI di kelas XI Ipa SMAN 12 Rejang Lebong. Kata kunci: Kreativitas Guru, Keaktifan Siswa, Pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Saumi, NadiaUNSPECIFIED
Karolina, AsriUNSPECIFIED
Sagiman, SagimanUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:24
Last Modified: 21 Feb 2023 08:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2177

Actions (login required)

View Item View Item