Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SDN 17 Rejang Lebong

Novita Sari, Devi and Mustar, Saidil and Sagiman, Sagiman (2022) Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SDN 17 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi Devi Novita Sari.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari asumsi mengenai pentingnya Pendidikan didunia, hal-hal yang mempengaruhi agar pendidikan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan salah satunya adalah adanya bahan ajar. Bahan ajar yang dimaksudkan disini adalah bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan dampaknya terhadap pemahaman siswa mata pelajaran PAI di SDN 17 Rejang Lebong pada materi pembahasan Qs. At-Tin dan pembahasan mengenai Rasul Allh Swt. Ulul Azmi Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sumber data dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Rejang Lebong. Penleitian ini dilakukan pada bulan Maret-Juni 2022 di SDN 17 RejangLebong. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi, teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan/verifikasi dan menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkkan bahwa dalam mata pelajaran PAI guru menggunakan LKS, LKS yang digunakan adalah LKS cetak terbitan Grafika Dua Tujuh dalam pembahasan beberapa materi, seperti materi pembahasan QS At-Tin dan Rasul Allah Swt. Ulul Azmi dalam materi tertentu guru juga membuat LKS sendiri sebagai bahan latihan siswa seperti pada materi tentang pembahasan Bulan Ramadhan. Yang kedua, penggunaan LKS dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi pembahasan QS. At-Tin dan Rasul Allah Swt. karena dalam LKS berisi latihan yang siswa diharuskan mampu menjawab pertanyaan, ketika siswa menjawab pertanyaan dia harus membaca materi, ketika membaca materi berulang-ulang maka siswa akan memahami materi tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Novita Sari, DeviUNSPECIFIED
Mustar, SaidilUNSPECIFIED
Sagiman, SagimanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Pemahaman Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:24
Last Modified: 21 Feb 2023 08:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2175

Actions (login required)

View Item View Item