Oktari, Nadia and Hartini, Hartini and Fadila, Fadila (2022) Peran Guru Pembimbing Dalam Meningkatkan Self Control Siswa di Smp Negeri 2 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
Nadia Oktari29.pdf Download (2MB) |
Abstract
Self Control dapat terbentuk berdasarkan lingkungan seseorang, ketika self control pada seseorang rendah maka orang tersebut akan susah untuk mengendalikan emosi yang dapat menyebabkan permasalahan, jika seseorang tersebut dapat mengontrol dirinya maka itu akan menjadikan dia pribadi yang baik. Maka dari itu diperlukannya pemahaman dan kesadaran dari guru pembimbing untuk dapat membantu dalam meningkatkan self control pada diri peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan self control siswa di SMP Negeri 2 Rejang Lebong, mengetahui faktor yang mempengaruhi self control siswa dan untuk mengetahui peran guru pembimbing dalam meningkatkan self control siswa di SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian kualitatif merupakan proses penelitian yang menghaslikan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan, dokumentasi. Dalam penelitian ini sumber data didapatkan dari wawancara langsung kepada tiga orang guru pembimbing dan satu orang guru wali kelas, selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Permasalahan self control siswa di SMP Negeri 2 Rejang Lebong yaitu perkelahian, membolos, tidak mengerjakan tugas, tidak sopan kepada guru. 2) Faktor yang mempengaruhi self control siswa ada dua yaitu faktor internal yang merupakan faktor yang ada pada diri siswa yaitu usia, dan juga faktor eksternal yang merupakan faktor yang ada di luar diri siswa yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sosial teman sebaya. 3) Peran guru pembimbing dalam meningkatkan self control siswa yaitu dengan memberikan layanan yang sudah terprogram yaitu layanan informasi, layanan konseling individu, dan kegiatan kunjungan rumah, materi yang di berikan yaitu tentang bagaimana cara mengontrol diri, ciri-ciri orang yang dapat mengontrol diri, manfaat mempunyai kontrol diri yang baik, dll, dan ada juga guru pembimbing yang memberikan layanan secara insidental diberikan ketika siswa mempunyai masalah yang berkenaan dengan self control. Kata Kunci : Peran Guru Pembimbing, Self Control
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:24 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:24 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2174 |
Actions (login required)
View Item |