Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Kedisiplinan Siswa Melalui Buku Mutaba’ah Yaumiyah Dan Komunikasi di Sdit Ummatan Wahidah

Islanda, Nadia and Susilawati, Susilawati and Oktori, Agus Riyan (2022) Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Kedisiplinan Siswa Melalui Buku Mutaba’ah Yaumiyah Dan Komunikasi di Sdit Ummatan Wahidah. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
nadia islanda.pdf

Download (5MB)

Abstract

Disiplin adalah taat akan aturan serta norma atau pun etika yang ada. Buku Mutaba‟ah Yaumiyah dan Komunikasi merupakan buku panduan atau mengontrol kegiatan ibadah anak dirumah serta terdapat kedisiplinan baik hal ibadah, belajar, sikap dan aturan, buku ini sebagai sarana komunikasi antara pihak sekolah dengan orang tua anak, yang di jadikan komunikasi sehingga pihak sekolah dan orang tua mengetahui kegiatan aktivitas harian anak tersebut. Yang bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui konsep disiplin yang diterapkan di SDIT Ummatan Wahidah, 2) apa saja peran guru dalam mengoptimalkan disiplin siswa di SDIT Ummatan Wahidah, 3) bagaimana kontribusi orang tua dalam mendukung penerapan disiplin siswa. Penelitian in merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan Deksriptif Kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi sumber data melalui sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data menarik kesimpulan dan uji keabsahan data melalui trianggulasi sumber dan metode. Penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) konsep disiplin yang diterapkan di SDIT Ummatan Wahidah dengan membuat program kesiswaan yaitu buku mutaba‟ah yaumiyah dan komunikasi sebagai pengontrol atau pengawasan antara pihak sekolah dan orang tua untuk mendisiplinkan anak dalam hal ibadah, belajar, sikap serta aturan. 2) peran guru /wali kelas : sebagai pendidik, pengajar, teladan, motivator, evaluator, penasehat memberikan arahan serta motivasi untuk anak agar mau mengikuti aturan disiplin yang ada di buku mutaba‟ah yaumiyah dan komunikasi baik ibadah, belajar, sikap atau aturan disekolah. Disertai iming-iming hadiah contohnya memberi informasi kepada anak jika rajin sholat hadiahnya surga. 3) kontribusi orang tua dalam mendukung penerapan disiplin siswa: sebagai motivator, fasilitator, serta mediator serta perlunya kerja sama antara orang tua dan pihak sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan anak dalam hal ibadah, belajar, sikap serta aturan yang ada, dengan cara memberi informasi tentang keadaan anak kepada pihak sekolah begitu pun sebaliknya Kata Kunci : Peran Guru, Disiplin, kontribusi Orang Tua

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Islanda, NadiaUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Oktori, Agus RiyanUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:24
Last Modified: 21 Feb 2023 08:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2172

Actions (login required)

View Item View Item