Strategi Pemasaran Sekolah dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di SMP Negeri 01 Tebat Karai

Ade Mentari, Metia and Amin, Muhammad and Bahri, Syaiful (2022) Strategi Pemasaran Sekolah dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di SMP Negeri 01 Tebat Karai. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi METIA ADE MENTARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Strategi merupakan suatu rencana yang luas dan terintegrasi yang dapat menghubungkan antara kekuatan internal organisasi dengan peluang dan ancaman lingkungan eksternaknya. Pemasaran dapat menjadi sesuatu yang mutlak harus dilaksanakan oleh sekolah, selain untuk memperkenalkan, fungsi pemasaran dalam sekolah adalah untuk membentuk citra baik terhadap lembaga untuk menarik sejumlah calon peserta didik. Adapun Permasalahan pada latar belakang penelitian ini mengenai strategi pemasaran sekolah dalam meningkatkan jumlah peserta didik, karena di ketahui jumlah peserta didik di SMP Negeri 01 Tebat Karai sering kali menurun, hal ini dapat dibuktikan berdasarkan data peserta didik yang terhimpun dari 2018 sampai tahun 2021. Penelitian ini berfokus pada strategi pemasaran yang digunakan sekolah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di SMP Negeri 01 Tebat Karai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, subjek dari penelitian ini adalah kepala Sekolah, Kesiswaan dan juga siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 01 Tebat Karai. Penelitian ini di laksanakan di SMP Negeri 01 Tebat Karai Kabupaten Kepahiang. Teknik pengumpilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi yang dilakukan laangsung kelapangan. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa jumlah peserta didik di SMP Negeri 01 Tebat Karai masih bersifat pasang surut. Adapun strategi pemasaran yang dilakukan sekolah sebagai upaya dalam meningkatkan jumlah peserta didik yaitu: a. dengan membentuk tim PPDB sebagai upaya dari pemasaran b. Melakukan sosialisasi c. menyebarkan brosur d. melibatkan peran alumni e. penggunaan media sosial f. peningkatan fasilitas yang memadai. Adapun Kendala yang di hadapi sekolah dalam melakukan pemasaran yaitu, karena kurangnya jumlah peserta didik pada sekolah dasar yang termasuk kedalam rayon, lokasi kurang strategis, kurang tenaga pendidik, dan kenakalan peserta didik serta histori lokasi sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ade Mentari, MetiaUNSPECIFIED
Amin, MuhammadUNSPECIFIED
Bahri, SyaifulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Sekolah, Peserta didik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:24
Last Modified: 21 Feb 2023 08:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2171

Actions (login required)

View Item View Item