Widyanto, Julius and Khair, Ummul and Meldina, Tika (2022) Hubungan Kreativitas Mengajar Guru dan Motivasi Guru dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 8 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
HUBUNGAN KREATIVISTAS GURU DAN MOTOVASI GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
Dilatar belakang diketahui bahwa banyak peserta didik beranggapan bahwa bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang membosankan. Siswa cenderung kurang mengerti hal-hal yang berhubungan dengan pemecahan masalah, banyak sekali siswa yang belum mengerti dengan penggunaan konsep serta siswa belum tahu apa maksud dari soal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 8 Rejang Lebong yang berjumlah 122 orang. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah 55 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah t-tes satu sampel untuk variabel X dan variabel Y, untuk mencari korelasi antara variabel X dan variabel Y menggunakan rumus korelasi product moment kasar. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Berdasarkan perhitungan hasil uji-t terhadap kreativitas guru diperoleh t_hitung = 0,273 sedangkan t_tabel dengan dk sebesar 55-1=54 dan taraf kesalahan α = 5% ternyata harga t_tabel untuk uji satu pihak = 0,263 karena t_hitung > t_tabel (0,273 > 0,263), maka Ha diterima 2) Berdasarkan perhitungan hasil uji-t terhadap motivasi guru diperoleh t_hitung = 0,340 sedangkan t_tabel dengan dk sebesar 55-1=54 dan taraf kesalahan α = 5% ternyata harga t_tabel untuk uji satu pihak = 0,263 karena t_hitung > t_tabel (0,340 > 0,263), maka Ha diterima), Berdasarkan (dk) = N-1 = ( 55-1=54) dengan kelas α=5% untuk uji satu pihak (one tail test ). Berdasarkan dk=54 dan α=5% harga t_tabel untuk uji satu pihak= 0,263, karena harga t_hitung lebih besar dari harga t_tabel maka ha diterima dan h0 ditolak. Jadi hipotesis yang menyatakan bahwa hasil belajar paling tinggi 70% dari yang diharapkan dapat diterimaDari hasil uji product moment variabel X dan Y yang telah dilakukan, terbukti adanya hubungan yang kuat atau tinggi antara kreativitas guru dengan motivasi belajar siswa dengan besarnya r_XY yaitu (0,890) yaitu berkisar antara 0,70-0,90, Berdasarkan data di atas nilai F hitung adalah 15,455 sedangkan pada Ftabel diperoleh dari df 1(jumlah variabel – 1) atau (4-1) dan df2 (n-k-1) atau 55-3-1= 48 dan menghasilkan nilai Ftabel sebesar 2,397. Nilai tersebut menjelaskan bahwa nilai F hitung> F tabel yaitu 15,455 > 2,397 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa Kreativitas Mengajar Guru (X1), Motivasi guru (X2) secara bersama-sama (simultan) memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar (Y).
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Mengajar Guru, Motivasi Guru, dan Hasil Belajar | ||||||||
Subjects: | L Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:23 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:23 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2158 |
Actions (login required)
View Item |