Implementasi Konsep Pendidikan Karakter di Era Milenial ( Studi Kasus di Sd Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup

Ramadhanty, Muthia and Ratnawati, Ratnawati and Siswanto, Siswanto (2022) Implementasi Konsep Pendidikan Karakter di Era Milenial ( Studi Kasus di Sd Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Muthia Ramadhanty.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya perkembangan teknologi di era milenial yang memungkinkan semua kalangan untuk dapat mengakses segala hal secara lebih mudah, perkembangan alat teknologi di era milenial memiliki banyak manfaat, tetapi tidak dapat dipungkiri perkembangan alat tekologi seperti handphone memiliki dampak negatif terutama untuk sifat dan karakter anak. Guru memegang peranan yang sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak selama mereka berada di sekolah, oleh karena itu sangat penting diterapkan pendidikan karakter menggunakan metode-metode yang tepat di era milenial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data melalui tiga teknik, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Pada penerapan metode percakapan dilakukan dengan memberikan kesempatan tiap siswa untuk mengutarakan masalah yang sedang dialaminya, kemudian guru memberikan solusi. Penerapan metode bercerita menggunakan kegiatan literasi dengan menceritakan sesuatu yang mengandung nilai positif bagi anak. Penerapan metode keteladanan dilakukan dengan displin waktu dan taat aturan. Penerapan metode pembiasaan dilakukan menanamkan nilai religius seperti shalat berjamaah, kegiatan BTQ (Baca, Tulis, Qur’an). Penerapan metode ibrah mauidzah dilakukan dengan memberikan nasihat-nasihat yang membangun bagi anak dengan tutur kata yang lemah-lembut sehingga bisa diterima oleh hati para peserta didik dengan baik. Penerapan metode janji dan ancaman dilakukan melalui pemberian hadiah atau nilai tambahan kepada anak-anak, kemudian pemberian hukuman yang bersifat membangun bagi anak. (2) Ada beberapa hal yang menjadi kendala bagi sekolah dalam menerapkan metode pendidikan karakter, diantaranya jumlah siswa, perbedaan sifat anak, dan pengontrolan untuk siswa di luar sekolah lumayan sulit. Kata kunci: Pendidikan, Karakter, Era Milenial, Metode

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ramadhanty, MuthiaUNSPECIFIED
Ratnawati, RatnawatiUNSPECIFIED
Siswanto, SiswantoUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:23
Last Modified: 21 Feb 2023 08:23
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2155

Actions (login required)

View Item View Item