Optimalisasi Media Televisi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak

Triyani, Nina and Yanto, Murni and Meldina, Tika (2021) Optimalisasi Media Televisi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI NINA.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan kemampuan berbicara anak dapat dikembangkang dengan berbagai media. Salah satunya yatiu menggunakan media Televisi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana optimalisasi media televisi terhadap anak, bagaimana kemampuan berbicara anak setelah melihat/menonton televisi, dan apakah optimal media televisi untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara bagaimana optimalisasi media televisi terhadap anak, bagaimana kemampuan berbicara anak setelah melihat/menonton televisi dan apakah optimal media televisi untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu editing, classifying, dan verifying. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa: (1) proses belajar dalam menggunakan media televisi dapat membangkitkan keinginan dan minat baru bagi anak-anak. Dan tentunya akan menambah motivasi dan rangsangan belajar, dan bahkan akan membawa anak lebih berpengaruh ke mental fisiknya. (2) banyak kata yang anak dengar kemauan mampu diucapkannya kembali, Kemampuan anak menghafal dan mengulang kembali kata-kata yang didengarnya, termasuk dalam teori pemerolehan bahasa anak. (3) Optimalisasi Media Televisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak dapat dilihat dari film kartun anak-anak yang diproduksi oleh perusahaan Nickelodeon yang digemari oleh anak-anak. Anak tidak hanya melihat dan memerhatikan kata apa yang diucapkan orang di televisi, tetapi juga cara melafalkannya. Dengan demikian televisi membantu anak menambah kosakata sekaligus belajar lafal dan tata bahasa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Triyani, NinaUNSPECIFIED
Yanto, MurniUNSPECIFIED
Meldina, TikaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbicara, Media Televisi.
Subjects: L Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:23
Last Modified: 21 Feb 2023 08:23
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2150

Actions (login required)

View Item View Item