Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di SD Negeri 113 Rejang Lebong

Mardiansyah, Mardiansyah and Sutarto, Sutarto and Fadila, Fadila (2020) Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di SD Negeri 113 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi mardiansyah.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skiripsi ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siwa siswa SD Negeri 113 Rejang Lebong dalam membaca Al-Qur’an, upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SD Negeri 113 Rejang Lebong dan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SD Negeri 113 Rejang lebong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptip yang mana menggambarkan suatu keadaan atau peristiwa yang terjadi dilapangan. Adapun Informan dalam penelitian ini adalah peserta didik, guru PAI dan kepala sekolah. Kemudian dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Tekhnik anlisis data yang digunakan penulis ialah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/ verification. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan siswa SD Negeri 113 Rejang Lebong dalam membaca Al-Qur’an adalah yang belum lancar Iqra, dari kelas IV, V dan VI berjumlah 11 orang sedangkan yang sudah lancar berjumlah 15 orang, Al-Qur’an yang lancar dari kelas IV, V dan VI berjumlah 19 orang sedangkan yang belum lancar berjumlah 47 orang, upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Di SD Negeri 113 Rejang Lebong ialah memotivasi siwa terlebih dulu, menerapakn metode-metode dan mengajak orang tua siswa bekerjasama dalam mendidik anak. Dan adapun faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Siwa SD Negeri 113 Rejang Lebong adalah sarana dan prasarana seperti tersedianya Al-Qur’an dan Iqra’ di tiap kelas, Mushola, tersedianya buku-buku Tajwid diperpustakaan, dan adanya poster-poster huruf Hijaiyah di tiap kelas. Faktor Penghambat faktor penghambatnya adalah jam belajar disekolah yang kurang, tenaga pendidik yang kurang, lingkungan sekitar siswa, faktor ekonomi keluarga, minat belajar siswa yang kurang, dan kurangnya peran orang tua.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mardiansyah, MardiansyahUNSPECIFIED
Sutarto, SutartoUNSPECIFIED
Fadila, FadilaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Pendidikan Agama Islam, Al-Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:23
Last Modified: 21 Feb 2023 08:23
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2143

Actions (login required)

View Item View Item