Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Budaya Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Di SD Negeri 6 Rejang Lebong

Nita, Desma and Arbaini, Wiwin and Syaripah, Syaripah (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Budaya Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Di SD Negeri 6 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi Desma Nita.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga hanya beberapa siswa saja yang memahami atau bisa menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Oleh karena itu dibutuhkan salah satu solusi yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbasis budaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model Problem Based Learning (PBL) berbasis budaya terhadap kemampuan pemahaman konsep, bagaimana kemampuan pemahaman konsep siswa, dan mengetahui adakah pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbasis budaya terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V di SD Negeri 6 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen semu (Quasi Experimental). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest yaitu dengan melakukan (pretest) lalu dikenakan perlakukan(treatment) kemudian dilakukan tes akhir (postest). Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, tes (Pretest dan Postest), dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Dalam pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis budaya terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V SD Negeri 6 Rejang Lebong pada pertemuan pertama dan kedua menunjukan bahwa kegiatan aktivitas siswa dan guru adalah baik. (2) pemahaman konsep siswa setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis budaya yaitu siswa yang memiliki pemahaman konsep dengan kategori tinggi sebanyak 9, sedang sebanyak 6 orang, dan rendah sebanyak 15 orang. (3) berdasarkan perhitungan uji-t dua sampel diperoleh sebesar dan diketahui bahwa yaitu ( , yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis budaya terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V SD Negeri 6 Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nita, DesmaUNSPECIFIED
Arbaini, WiwinUNSPECIFIED
Syaripah, SyaripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL) Berbasis Budaya, Kemampuan Pemahaman Konsep
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:22
Last Modified: 21 Feb 2023 08:22
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2140

Actions (login required)

View Item View Item